Entertainment

Taylor Swift Jadi Wanita Pertama yang Tiga Kali Rebut Album of The Year Grammy

Women can!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 16th 2021

(Foto: Kevin Winter/Getty Images for The Recording Academy)

Perhelatan Grammy Awards 2021 yang diadakan pada Minggu (14/3) lalu membawa banyak kejutan. Salah satunya disumbang oleh Taylor Swift, penyanyi yang menerima penghargaan Album of the Year untuk yang ketiga kalinya. Pencapaian ini baru pertama kalinya diraih oleh seorang artis wanita lho.

Taylor mendapatkan penghargaan Album of the Year untuk album kejutannya, Folklore, yang dirilis pada Juli 2020 lalu. Album kedelapan penyanyi kelahiran 31 tahun lalu itu jadi album ketiga yang meraih penghargaan tersebut. Sebelumnya ada album keduanya, Fearless yang menang pada 2010 dan album kelimanya, 1989 yang menang pada 2016.

Ketika memenangkan nominasi Album of the Year dengan album Fearless, penyanyi yang vokal menyuarakan perlawanan terhadap seksisme ini menjadi artis termuda yang meraih piala tersebut. Saat itu Taylor masih berusia 20 tahun. Tapi, posisi penerima AOTY termuda telah digantikan oleh Billie Eilish, penyanyi yang berusia 18 tahun saat menerima piala itu tahun lalu.

Penghargaan ini berhasil Taylor menangkan setelah album Reputation dan Lover miliknya yang dirilis pada 2017 dan 2019 lalu gagal memenangkan nominasi tersebut.

Artis yang pernah menang tiga kali di kategori tersebut adalah adalah Frank Sinatra, Paul Simon, dan Stevie Wonder. Artis laki-laki yang legendaris semua. Taylor jadi artis wanita pertama yang meraih pencapaian tersebut. Keren!

Saat menerima piala Grammy, Taylor mengajak serta timnya ke atas panggung. Ada dua co-writer dan co-producer yaitu Aaron Dessner dan Jack Antonoff serta insinyur suara, Laura Sisk. Pelantun Love Story (Taylor’s Version) itu tak lupa mengapresiasi teman duetnya yang gak bisa hadir, Justin Vernon, ”Aku berharap bisa bertemu denganmu suatu hari nanti.”

Kalau tahun ini Folklore yang menang penghargaan, kemungkinan adik dari album tersebut, Evermore, bisa masuk ke kategori Album of the Year. Evermore tidak termasuk dalam nominasi tahun ini karena dirilis pada Desember 2020, melewati jangka waktu yang ditentukan yaitu 1 September 2019 sampai 31 Agustus 2020. Album tersebut bisa masuk di nominasi Grammy tahun 2022.

Di luar itu, The Weeknd dan Zayn Malik menyuarakan kekesalan mereka terhadap Grammy Awards tahun ini. Grup Silk Sonic, kolaborasi Bruno Mars dan Anderson .Paak, berhasil tampil di penghagaan tersebut setelah bikin geger di Twitter. (*)

Related Articles
Entertainment
Gaun Taylor Swift di Grammy Awards Robek, tapi Gak Ada yang Sadar

Entertainment
Taylor Swift On Fire Nih, Empat Bulan setelah 'Folklore', Rilis Album 'Evermore‘

Entertainment
Taylor Swift Tak Masukkan Fearless (Taylor’s Version) buat Grammy, Ini Alasannya