Entertainment

The Weeknd Tolak Musiknya Dinilai Grammy Lagi setelah Gagal Masuk Nominasi

Beberapa bulan sebelumnya ia menyebut Grammys korup

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 12th 2021

The Weeknd (Foto: Mike Ehrmann/Getty Images)

Setelah tak mendapat satupun nominasi di Grammy Awards tahun ini, The Weeknd memutuskan untuk memboikot ajang penghargaan tersebut. Penyanyi satu ini tidak akan lagi mengirimkan karyanya untuk dipertimbangkan masuk ke nominasi Grammy.

Kabar ini disampaikan langsung oleh penyanyi bernama asli Abel Tesfaye tersebut melalui New York Times. Sebelumnya Abel sudah menyampaikan kekecewaannya melalui twit pada November 2020 lalu, tepat setelah nominasi Grammy diumumkan. “The Grammys tetap korup. Kalian berutang kepadaku, penggemarku, dan industri mengenai transparansi...,“ ujarnya.

Kegagalannya masuk ke nominasi Grammy benar-benar mengejutkan Abel. Dilansir dari USA Today, perebut enam nominasi JUNO Awards tahun ini berkata, “Itu jelas memukulku, entah dari mana. Aku benar-benar emosional. Aku gak tahu itu kesedihan atau kemarahan. Kurasa itu hanya kebingungan. Aku hanya ingin jawaban.”

Mendekati penayangan Grammy Awards pada Minggu (14/3) mendatang, pelantun Save Your Tears ini berkata bahwa ia tidak akan mengizinkan label musiknya mengirimkan musiknya untuk dipertimbangkan masuk nominasi. Alasannya adalah ketidaktransparan proses penilaian. ”Karena panitia yang dirahasiakan, aku tidak lagi memperbolehkan labelku mengirim karyaku ke Grammy,“ ujarnya.

Setiap musisi memang diwajibkan untuk mengirim karya mereka ke Grammy untuk dipertimbangkan masuk ke nominasi tertentu. Karya musik akan dinilai oleh panitia yang orang-orangnya dirahasiakan untuk mencegah serangan fans ke penilai atau kemungkinan adanya suap untuk karya tertentu.

Tapi, karena proses penilaian yang serbarahasia ini, banyak musisi yang jadi bingung sama standar penilaian ajang penghargaan satu ini. Dinilai dari kualitas? Kok sepertinya sulit karena pasti dipengaruhi selera musik. Dinilai dari jumlah stream dan penjualan? The Weeknd punya angka yang sangat fantastis, apalagi setelah tampil sebagai pengisi acara Super Bowl LV Halftime Show.

The Weeknd sudah memiliki tiga peghargaan Grammy yang ia raih di tahun 2016 dan 2018. Totalnya ia sudah masuk ke sembilan nominasi dari tahun 2014, 2016, dan 2018. Penyanyi yang khas dengan jas merah ini mendapat paling banyak nominasi pada 2016, sejumlah tujuh nominasi.

Di luar itu, Zayn Malik juga berkata bahwa Grammy Awards gak transparan setelah gagal masuk nominasi tahun ini. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Mulai Post Malone sampai Doja Cat Berpeluang Masuk Nominasi Grammy

Entertainment
The Weeknd Rilis MV ‘Save Your Tears’, Ini Pesan Rahasia yang Pasti Terlewatkan

Entertainment
Bos Grammy Awards Sebut Tindakan The Weeknd Memboikot Grammy “Tak Mengganggu”