Entertainment

Pemeran Cho Chang Mengaku Jadi Korban Rasisme Oleh Fans di Film ‘Harry Potter’

Katie Leung bahkan diminta untuk tidak memedulikan aksi rasisme tersebut

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 12th 2021

Cho Chang (Foto: Warner Bros./Wizarding World)

Pemeran Cho Chang di film Harry Potter, Katie Leung, buka suara mengenai tindakan rasisme yang ia terima saat ia menjadi aktris untuk franchise film fantasi tersebut. Bukannya dilindungi, saat itu Katie malah disuruh tak usah memedulikannya oleh tim humas film itu.

Aktris kelahiran 33 tahun lalu tersebut mengungkapkan pengalaman pahitnya itu di episode terbaru podcast Chinese Chippy Girl. Setelah proses casting untuk film Harry Potter and the Goblet of Fire pada 2005 itu dirilis, ia menerima sederet pesan rasis dari fans melalui media online.

“Saat itu aku lagi googling namaku sendiri dan aku menemukan satu website fandom Harry Potter gitu. Aku ingat membaca semua komentarnya [tentangku]. Dan yeah, banyak banget ungkapan rasisme di situ,“ ujar aktris pemeran pacar Harry Potter itu.

(Foto: Warner Bros./Wizarding World)

Katie mengungkapkan juga bahkan ada sebuah web yang dikhususkan untuk membenci dirinya. Saat melaporan hate site itu, ia justru menerima respons yang mengecewakan. “Aku ingat mereka kayak bilang, ’Oh, kita belum lihat ini sih, website dan orang-orang yang kamu bilang. Dan kalau kamu ditanya mengenai hal itu, bilang aja kalau itu gak benar, bilang kalau itu nggak terjadi.‘“

Katie saat itu baru berusia 16 tahun. Aktris yang lahir di Skotlandia dan punya darah Tionghoa itu menyebut bahwa saat menjadi aktris untuk film tersebut, ia tidak menerima pelatihan menghadapi media seperti untuk menjawab wawancara atau apapun. Hanya disuruh tidak memedulikan tindakan rasisme yang ada.

Pemeran film The Foreigner itu melanjutkan, “Dan aku hanya menganggukkan kepalaku. Aku kayak, ’Oke, oke,‘ walaupun aku melihatnya sendiri dengan mataku. Aku jadi berpikir, ’Oke, yeah, aku akan bilang semuanya baik-baik aja,‘“

Akibat dari denial itu, Katie didera rasa penyesalan walaupun ia merasa ”sangat amat bersyukur di posisinya saat itu“. ”Aku terus mengatakan, ’Harusnya aku mengatakan sesuatu saat itu.‘ Tapi aku nggak boleh,“ ujar aktris tersebut.

Walaupun banyak banget yang suka sama serial film atau buku ini, sisi gelap Harry Potter makin lama makin terungkap. Sebelumnya sang penulis cerita, J.K. Rowling, sempat bikin geger pada September 2020 lalu karena komentarnya yang dianggap transfobik. (*)

Related Articles
Entertainment
Rupert Grint Ungkap Bagaimana Film ‘Harry Potter’ Membentuk Dirinya Saat Ini

Entertainment
Hermione dan Draco Versi Buku ‘Harry Potter’ Beda Banget dari Versi Film

Entertainment
Sutradara Film ‘Harry Potter’ Ingin Garap Film ‘Cursed Child’ dengan Golden Trio