Tech

Instagram Lite Muncul Lagi buat Pemilik HP Kentang atau yang Mau Hemat Kuota

Tetap bisa eksis walaupun krisis kuota~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 11th 2021

(Foto: Instagram)

Instagram menghabiskan banyak memori dan boros kuota? Memang. Tapi, susah juga kan buat gak buka media sosial satu ini? Nah, kali ini Facebook sebagai perusahaan pemilik Instagram menyediakan solusi buat kamu yang ponselnya kurang mumpuni atau pengin hemat kuota dengan merilis Instagram Lite.

Sesuai sama namanya, Instagram Lite bakal lebih ringan daripada Instagram normal. Ukurannya hanya 2 MB, jauh lebih kecil daripada ukuran versi aslinya yaitu sekitar 30 MB. Karena ukurannya lebih kecil, tentunya ada beberapa fitur yang dihilangkan atau dibuat versi tiruan biar ringan.

Kita masih bisa lihat story, IGTV, post, Reels, explore, dan profil. Kalau mau mengunggah konten di feeds, masih ada fitur edit simpel seperti biasanya. Kalau untuk InstaStory juga seperti normal, tapi kita gak bisa pakai filter-filter yang berteknologi AI (artificial intelligence). Biasanya kan filter yang perlu mendeteksi wajah (filter We Bare Bears dan filter-filter superimut lainnya) perlu teknologi tersebut untuk bisa digunakan.

(Foto: Instagram)

Instagram Lite juga nggak memungkinkan kita buat video Reels, video singkat ala TikTok yang ada di Instagram (memangnya banyak ya yang pakai fitur ini?). Tapi, kita tetap bisa menonton Reels dari akun yang kita inginkan kok.

Menariknya, di Instagram versi ringan ini kita gak akan menemukan iklan. Biasanya kan setiap scroll feeds pasti ketemu post iklan bertuliskan “sponsored” atau story iklan toko thrift atau pre-order makanan. Nah, di Instagram Lite bakal nggak ada. Biar lebih hemat kuota dan gak lama memuat konten lain.

Fitur shopping yang biasanya ada di navigation bar juga dihilangkan (memangnya ada yang belanja dari fitur ini?). Selain itu, Instagram Lite belum mendukung enkripsi end-to end dan dark mode.

Aplikasi versi ringan ini dirilis khusus untuk perangkat Android di 170 negara, namun Indonesia belum termasuk. Dilansir dari blog resmi Facebook, Instagram Lite akan dirilis secara global dalam waktu dekat.

Sebenarnya Instagram Lite sudah pernah dirilis pada 2018 lalu, tapi ditarik pada Mei 2020 lalu. Yang jelas versi ringan dari Instagram ini bakal melengkapi media sosial seperti Facebook, Twitter, dan TikTok yang semuanya sudah punya versi lite. Sudah lengkap semua lho. Kalau ponselmu masih gak kuat juga, akses via web aja semuanya~

Di luar itu, Instagram terpantau sedang uji coba untuk fitur stiker Auto-Captionsubtitle otomatis untuk video InstaStory. Media sosial satu ini juga merilis fitur baru untuk mendukung penderita gangguan makan untuk mencari bantuan ke ahlinya. (*)

Related Articles
Tech
Instagram dan Facebook Tawarkan Cuan buat Para Kreator Konten, Begini Caranya...

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live