Korea

Dua Pihak Sepakat, Lagu-Lagu Kpop Kakao akan Kembali ke Spotify

Delima Pangaribuan

Posted on March 11th 2021

(Soompi)

Awal bulan ini penggemar Kpop dibikin geger karena hilangnya ratusan lagu Kpop dari Spotify. Hal ini akibat habisnya kontrak perjanjian lisensi antara Kakao Entertainment (dulu Kakao M) dan Spotify Korea. Namun kerja sama ini akhirnya bakal berlanjut setelah hari ini diberitakan keduanya kembali membicarakan lisensi.

Melansir Soompi, Kakao Entertainment dan Spotify memastikan mereka akan memperbarui licensing agreement. Dengan begitu, lagu-lagu yang tadinya hilang dari perbendaharaan Spotify bakal balik lagi!
 
Pada 11 Maret, kedua belah pihak sama-sama memberikan statement terkait hal tersebut. "Kedua perusahaan telah menyelesaikan diskusi tentang pembaruan kontrak persetujuan lisensi global. Sebagai hasilnya, konten-konten Kakao Entertainment akan tersedia dalam platform Spotify di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan," tulis mereka seperti dikutip Soompi.
 
Kemudian, Spotify juga menambahkan kalau mereka akan secara aktif bekerja sama dengan label dan artis di Korea Selatan demi mendukung musik Kpop. "Kami berkomitmen untuk secara aktif menjalin kerja sama dengan artis, label, dan pemegang hak cipta demi memberikan dampak positif bagi sistem streaming musik di Korea Selatan," jelas mereka. 
 
Kakao Entertainment juga menambahkan bahwa ini sebagai upaya dan bentuk dukungan untuk menghubungkan para artis Kpop dengan penggemar di berbagai negara. Sehingga musik Kpop bisa semakin mendunia. Mereka juga berusaha menjaga agar ekosistem musik Korea Selatan tetap memberikan dampak positif dan keuntungan bagi para artis dan label. (*)
 
Artikel Terkait
Korea
Spotify Hapus Lagu, Kakao M Diprotes Penikmat Kpop Sedunia

Korea
Ini Penjelasan Spotify Soal Lagu-lagu Kpop yang Dihapus

Korea
P Nation Upload Ulang Lagu-lagu yang Hilang dari Spotify