Entertainment

Zayn Malik Sebut Grammy Awards Gak Transparan dan Perlu Suap biar Bisa Masuk

Semua karya terbarunya memang tidak bisa masuk nominasi.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 10th 2021

Zayn Malik (Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images)

Zayn Malik mengungkapkan kekesalannya terhadap Grammy Awards melalui twitnya pada hari ini, Rabu (10/3). Penyanyi satu ini menyebut ajang penghargaan tersebut punya penilaian yang tidak transparan dan penuh politik ‘kenalan’.

F*** Grammy dan semua orang yang terlibat. Kalau kamu nggak berjabat tangan atau mengirim hadiah, tidak ada pertimbangan masuk nominasi. Tahun depan aku bakal kirim sekeranjang permen,” bunyi twit penyanyi 28 tahun lalu tersebut.

Karena ucapannya itu jadi viral dan ramai banget, istri dari Gigi Hadid tersebut mengetwit penjelasannya. “Twitku bukan personal atau tentang pantas atau tidaknya, tapi perlunya keterlibatan dan kurangnya transparansi dalam proses nominasi. Dan, kondisi ini memungkinkan adanya sikap pilih kasih, rasisme, dan politik jaringan untuk memengaruhi proses pemilihan,” pungkasnya.

Zayn Malik memang tidak masuk dalam nominasi apapun dalam Grammy Awards 2021. Alasannya jelas. Untuk sebuah karya masuk Grammy tahun ini, karya tersebut harus dirilis dalam jangka waktu 1 September 2019 sampai 31 Agustus 2020. Nah, album terbaru miliknya, Nobody Is Listening, dirilis pada 15 Januari 2021. Jelas gak bisa masuk.

Lagu pertama album tersebut, Better, juga nggak bisa dinominasikan karena dirilis pada 25 September 2020. Tapi, karya Zayn tersebut bisa punya peluang masuk nominasi Grammy tahun depan.

Anehnya, pelantun Pillowtalk ini baru mengungkapkan kekesalannya pada hari ini. Padahal nominasi Grammy sudah dirilis sejak November 2020 lalu. Kalau dilihat di sisi lain, mungkin Zayn murni hanya ingin membongkar korupnya ajang penghargaan itu… mendekati penayangannya pada Minggu (14/3) mendatang. 

Di luar itu, mantan rekan satu band-nya, Harry Styles, berhasil menerima tiga nominasi tahun ini: video musik terbaik untuk Adore You, album vokal terbaik untuk Fine Line, dan penampilan solo pop terbaik untuk Watermelon Sugar. Harry juga akan muncul sebagai penampil di ajang penghargaan tersebut.

Bukan hanya Zayn Malik yang mengungkapkan kekesalannya menjadi Grammy snubs (artis yang tak berhasil masuk nominasi). Dilansir dari Variety, sebelumnya The Weeknd yang lagu-lagunya meledak banget juga sempat mengutarakan bahwa “Kalian [Grammy Awards] berutang padaku, penggemarku, dan industri mengenai transparansi….”

Halsey juga sempat kaget karena “teman-temannya yang berbakat tidak masuk nominasi dan berharap adanya transparansi lebih atau perubahan.”

Nah, gimana nih pendapatmu tentang ungkapan Zayn Malik tentang Grammy Awards? (*)

Related Articles
Entertainment
Banjir Protes, Kini Grammy Awards Hilangkan Proses Penilaian Panitia Rahasia

Entertainment
The Weeknd Rilis MV ‘Save Your Tears’, Ini Pesan Rahasia yang Pasti Terlewatkan

Entertainment
The Weeknd Tolak Musiknya Dinilai Grammy Lagi setelah Gagal Masuk Nominasi