Tech

Instagram Uji Coba Fitur Stiker Auto-Caption di Story, Ubah Audio Jadi Subtitle

Fitur yang bagus banget buat pengguna yang Tuli

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 10th 2021

(Mengandung gambar dari Twitter @MattNavarra)

Instagram sedang uji coba fitur untuk meningkatkan aksesibilitas aplikasi untuk semua pengguna. Baru-baru ini, fitur Auto-Caption berbentuk stiker didapati muncul di bagian InstaStory. Dengan fitur tersebut, audio dari sebuah story bakal otomatis ditranskripsi jadi caption alias subtitle.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh seorang konsultan media sosial bernama Matt Navarra. Melalui Twitter miliknya, ia membagikan video bagaimana stiker Auto-Caption bekerja. Kita tinggal buat video seperti biasa, lalu pilih Caption di bagian stiker (yang ada pilihan GIF, Questions, Mention, dan lain-lain).

(Foto: Twitter @MattNavarra)

Nah, audio yang ada di video tadi akan otomatis ditranskripsi sama Instagram. Hasilnya akan jadi teks subtitle bergerak. Perubahan waktu teksnya juga disesuaikan sama ucapan kita, jadi nggak telat atau terlalu cepat munculnya.

Ada empat pilihan gaya teks. Yang pertama ala-ala kutipan motivasi, gaya mesin tik, rolling per kalimat, dan caption ala-ala lirik Spotify (kalimat yang sudah lewat bakal lebih tipis, kalimat yang sedang disuarakan akan lebih tebal).

Caption ala-ala lirik Spotify (Foto: Twitter @MattNavarra)

Kalau di video yang dicontohkan, akurasi transkripsinya cukup bagus. Dalam kalimat berbahasa Inggris tadi, hanya ada salah satu atau dua kata. Lumayan akurat.

Sayangnya fitur ini masih dalam tahap uji coba dan nggak sengaja bisa diakses untuk beberapa pengguna publik. Dilansir dari Twitter @MattNavarra, kalau fitur ini muncul di story kalian, itu adalah glitch dan kalau kalian mau unggah story tersebut bakal gagal. Soalnya fitur ini hanya untuk tim internal Instagram aja. Yah, sayang banget.

Tapi, ini langkah bagus buat meningkatkan aksesibilitas untuk semua pengguna, terutama untuk teman Tuli. Setidaknya teks bisa menjadi pengganti audio yang mungkin berisi keterangan tentang story. Sebelumnya Instagram sudah meluncurkan fitur Auto-Caption untuk IGTV, jadi sepertinya dalam waktu dekat bakal muncul juga untuk story. Plus, semoga bisa digunakan untuk bahasa Indonesia juga!

Sebenarnya fitur membuat subtitle untuk story ini sudah hadir di aplikasi buatan Instagram, Threads. Aplikasi tersebut ditujukan buat kalian yang gak mau lihat post tapi tetap ingin lihat story dan berinteraksi dengan close friend.

Nah, untuk pengguna Threads di Amerika Serikat (sedih banget di Indonesia gak bisa), ada fitur bernama Video Notes. Fitur tersebut bisa mengubah ucapan kita jadi teks subtitle deh. Biasanya fitur dipakai sama kreator TikTok luar negeri juga biar video ada tulisannya gitu. (*)

 

Related Articles
Tech
TikTok Akan Rilis Fitur Auto-Caption, Bisa Buat Subtitle Otomatis di Tiap Video

Current Issues
7 Data Pribadi yang Sebaiknya Jangan Dibagikan di Fitur Add Yours InstaStory

Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang