Lifestyle

Kucing Bisa Alami Sunburn Kalau Terlalu Lama Terpapar Matahari, Bahaya!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 9th 2021

(Foto: Pinterest)

Kucingmu suka berjemur di matahari atau rebahan di dekat jendela yang terang? Selain suka mencakar kardus, sepertinya sinar matahari juga jadi hal absurd yang mereka sukai. Nah, pernah terlintas nggak sih di benak kalian kalau hewan juga bisa kena sunburn?

Jawabannya: bisa. Selama masih punya kulit, semua hewan bisa punya potensi mengalami kulit rusak akibat pancaran matahari. Kecuali untuk reptil atau burung ya, beda lagi. Nah, salah satu hewan peliharaan paling umum—dan kebetulan cukup suka berjemur adalah kucing. Dilansir dari PopSugar, kucing bisa mengalami sunburn dari sinar luar ruangan maupun dalam ruangan.

Jenis kucing yang paling berisiko memgalami sunburn adalah Sphynx, karena kulitnya tidak dilapisi rambut. Urutan kedua adalah kucing dengan bulu warna putih. Dasarnya sama seperti manusia yang kulitnya juga bisa terbakar matahari. Semakin gelap warna kulit, semakin tahan pada sengatan matahari.

Cara mengetahui kucing mengalami sunburn

Kalau si meng suka banget sama sinar matahari dan suka berlama-lama berjemur, coba periksa deh apa mereka mengalami sunburn. Caranya lihat bagian hidung dan bibir kucing. Kalau ada pigmen-pigmen yang menggelap (biasanya kan berwarna merah muda), bisa jadi itu tanda terjadinya sunburn.

Kalau sunburn sudah parah, kulit kucing akan terlihat merah dan iritasi. Kalau dibarengi dengan kondisi dehidrasim, akibatnya bisa fatal.

Memangnya kenapa sih kalau kucing mengalami sunburn? Manusia aja kalau kulitnya terbakar pasti nggak nyaman banget. Lagi-lagi sama seperti manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa berujung pada kanker kulit sebagai dampak buruk sinar UV. Kan seram tuh!

Kanker pada kucing biasanya menyerang pada daerah yang tidak tertutupi rambut. Kalau ada koreng atau luka yang nggak sembuh dalam waktu lama di hidung, telinga, atau bagian lain, bisa jadi itu bentuk dari kanker kulit, squamous cell carcinoma.

Cara cegah kucing mengalami sunburn

Sebenarnya ada produk sunscreen atau sunblock khusus hewan, tapi di Indonesia masih jarang banget ada. Kalau sulit menemukan produk tersebut, cara terbaik adalah menjaga kucing nggak terlalu lama bermain di tengah teriknya matahari. Usahakan hanya membiarkan mereka bermain ketika sinar nggak terlalu terik, seperti di sore hari atau pagi-pagi.

Kalau lagi main di luar, siapkan juga area antipanas dengan payung yang bisa mudah dijangkau. Jadi bisa ngadem dulu gitu. Kalau kucing suka berjemur di dekat jendela, pastikan menutupnya dengan tirai saat siang hari, di mana matahari sedang terik banget. Ini juga bisa melatih si meng buat mencari tempat lain buat bersantai.

Jika menemukan ciri-ciri kucing mengalami sunburn, langsung bawa ke dokter hewan. Jangan main dokter-dokteran sendiri, nanti malah jadi bahaya. Hindari memberikan produk yang diperuntukkan untuk manusia, karena bisa aja justru memperburuk keadaan kucing. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
4 Langkah Mengenalkan Anjing ke Kucing yang di Rumah Biar Gak Bertengkar

Lifestyle
Spotify Pet, Bikin Playlist Musik Spesial buat Hewan Peliharaanmu

Interest
Peliharaanmu Bertingkah Aneh Selama Karantina? Begini Cara Mengatasinya