Current Issues

Asyik, Thailand Kurangi Waktu Karantina Bagi Pelancong yang Sudah Divaksin

Dwiwa

Posted on March 9th 2021

 

Ada kabar gembira nih bagi para traveller yang sudah rindu piknik. Pasalnya, mulai bulan depan Thailand akan mengurangi lama karantina wajib menjadi 7 hari, tidak lagi 14 hari seperti sebelumnya. Tetapi ini hanya berlaku bagi orang asing yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 secara penuh.

Dilansir dari Reuters, Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirankul mengatakan jika vaksinasi harus diberikan dalam kurun waktu tiga bulan dalam periode perjalanan. Selain itu, pengunjung tetap harus menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam tiga hari sebelum keberangkatan mereka.

Sedangkan bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin tetapi mengantongi surat bebas Covid-19 harus menjalani karantina lebih dahulu selama 10 hari.

“Orang asing yang bepergian ke Thailand dengan sertifikat vaksinasi sesuai dengan persyaratan masing-masing merek, hanya perlu karantina selama tujuh hari,” ujar Anutin, mengacu pada dosis yang diperlukan agar efektif.

Tetapi, aturan baru ini tidak berlaku bagi orang yang bepergian dari Afrika. Mereka tetap harus menjalani karantina selama dua minggu karena adanya kekhawatiran tentang varian virus baru.

Warga negara Thailand yang divaksinasi tanpa menunjukkan sertifikat bebas Covid-19 harus menjalani karantina satu minggu setelah melakukan dua tes negatif di negara tersebut.

Pembatasan penerbangan, persyaratan masuk yang ketat, dan karantina wajib untuk semua kedatangan telah menjadi kunci keberhasilan Thailand dalam membatasi penyebaran virus corona. Hanya ada sekitar 26 ribuan kasus dengan 85 kematian di negara tersebut.

Tetapi pembatasan ini menghancurkan sektor pariwisata yang menyebabkan hilangnya pekerjaan dan penutupan bisnis. Ini berimbas pada traksi ekonomi terdalam negara itu dalam lebih dari dua dekade. 

Anutin mengatakan setelah Oktober, jika Thailand telah menyuntik 70 persen personel medis dan kelompok berisiko, mungkin akan ada lebih banyak pelonggaran pembatasan. Bahkan karantina mungkin tidak lagi diperlukan. Hingga saat ini baru sekitar 27.497 orang yang divaksin di negara tersebut. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Sudah Vaksinasi Covid-19, Pelancong Tak Perlu Karantina di Korsel

Current Issues
Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Mobil? Buka Jendelamu dalam Formasi Ini!

Current Issues
Vaksin Meluas, Tetap Pembatasan Atau Mulai Mengajarkan Cara Aman Bepergian?