Tech

Penasaran Seberapa Cepat Internet di Rumah? Coba Gunakan Tes Kecepatan Ini

Dwiwa

Posted on March 8th 2021


(Screenshoot)

Pernah nggak sih kalian penasaran dengan kecepatan sebenarnya dari internet yang ada di rumah? Banyak pengguna internet yang mengira jika kecepatan paket internet rumah yang didapat selalu stabil sepanjang hari.

Tetapi sebenarnya, kecepatan ini fluktuatif dan bisa melambat saat jam-jam sibuk. Dan jika penyedia layanan internet kalian memberlakukan batas data atau membatasi koneksi untuk mempertahankan kinerja jaringan secara keseluruhan, kecepatan internet juga bisa turun.

Terus gimana donk cara mengeceknya? Ada banyak pilihan situs gratis yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa kecepatan dari jaringan internet. Bahkan mungkin dapat menjalankan salah satu dari aplikasi yang sama dengan yang digunakan untuk router.

Dilansir dari Cnet, tes kecepatan yang baik akan memudahkan untuk melihat kecepatan unduh saat ini, kecepatan unggah, dan latensi (atau ping) untuk perangkat apapun yang digunakan. Namun dengan banyaknya pilihan, mana yang bisa diandalkan?

 

Ookla

Ookla bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika ingin mengetahui kecepatan internet saat ini. Situs ini memiliki reputasi yang baik dan menjadi salah satu situs tes kecepatan pertama.

Selain itu, Ookla memiliki semua yang dibutuhkan, mulai dari akurasi, kemampuan melihat riwayat uji kecepatan (saat sudah membuat akun), beragam server untuk dihubungkan, dan bahkan aplikasi praktis penguji kecepatan dari Android maupun iOS.

Ookla juga mengikuti perkembangan zaman dengan menambahkan berbagai fitur dan kemampuan baru selama bertahun-tahun. Terbaru, mereka merilis layanan tes kecepatan khusus video untuk mengukur kemampuan jaringan dalam menangani streaming video 4K. Ini juga memiliki aplikasi yang bisa dijalankan di Windows dan Apple TV.

Namun disamping itu semua, Ookla akan menampilkan iklan jika kalian menjalankan tes kecepatan dasar. Tidak mengherankan, tetapi ini mungkin sedikit berdampak pada hasil, tergantung dari kekuatan koneksi saat pengujian.

 

Fast.com

Ini bisa menjadi pilihan lain yang bisa diandalkan. Selain memiliki antarmuka yang sederhana dan muda dioperasikan, situs ini dimiliki oleh Netflix. Artinya, tes kecepatan ini memang disusun untuk memeriksa apakah koneksi internet cukup kuat untuk streaming Netflix dalam resolusi maksimum tanpa buffering.

Tes kecepatan yang sangat bagus untuk para streamer online. Tetapi di sisi lain, ini tidak akan terlalu berguna untuk semua orang. Antarmukanya yang sederhana membuatnya tidak memliki beberapa pengaturan dan metrik lanjutan yang biasa ditemukan di tes kecepatan lainnya, terutama kalian tidak bisa menentukan server mana yang ingin disambungkan untuk pengujian.

 

Speedof.me

Speedof.me menjadi pilihan tepat jika kalian ingin tes kecepatan yang tidak hanya memperlihatkan kecepatan tetapi juga konsistensi. Mirip dengan Ookla, antarmuka pengujian berfungsi dengan baik dalam menunjukkan fluktuasi dalam kecepatan unggah dan unduh.

Seiring waktu, ini memudahkan kalian mengenali saat ada sesuatu yang salah dengan koneksi, terutama karena Speedof.me memungkinkan kalian membandingkan dengan hasil tes sebelumnya. Situs webnya yang ramah seluler juga bagus untuk menjalankan pengujian di ponsel.

Tetapi ini juga memiliki kelemahan karena tidak ada opsi untuk memilih server mana yang akan disambungkan secara manual. Dan jika jaringan bukanlah keahlian kalian, data visual yang diperlihatkan mungkin akan lebih membingungkan dibanding tes kecepatan lainnya.

 

Testmy.net

Ini merupakan tes kecepatan internet yang sepenuhnya berjalan pada HTML5 dan PHP. Artinya tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga seperti Java atau Flash untuk menjalankan pengujian sehingga hasil lebih akurat.

Ini juga menjadikannya alat yang berguna untuk membandingkan kinerja antara browser yang berbeda. Jika kalian membuat akun, bisa mengetahui riwayat kecepatan internet yang dapat digunakan sebagai perbandingan di masa mendatang.

Meski begitu, kekurangan dari tes kecepatan ini adalah terlalu banyak data yang ditampilkan, beberapa diantaranya mungkin tidak relevan bagi kalian. Selain itu, desainnya juga sedikit jelek menurut standar uji kecepatan.

Selamat mencoba ya!

Artikel Terkait
Tech
Jaringan 4G WiFi vs Internet Data Seluler, Mana yang Lebih Kencang di Indonesia?

Tech
Facebook Perluas Jangkauan Program 'Fans Subscription' Mereka

Tech
Rilis iOS 13.5, Kini Pengguna iPhone Bisa Tetap Pakai Masker Saat Akses Face ID