Entertainment

SZA Lagi On Fire Produksi Album Baru, tapi Gak Suka Kalau Musiknya Dilabeli R&B

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 8th 2021


SZA (Foto: TAZO)

Kamu lagi dengar lagu Good Days on-repeat? Duh, lagu karya SZA itu memang enak banget. Siap-siap deh soalnya penyanyi satu ini lagi sibuk banget mengerjakan album terbarunya. Walaupun musiknya sering dikategorikan sebagai musik R&B, ternyata ia gak suka lho kalau musiknya dilabeli seperti itu.

"Aku lagi ngebut banget buat albumku, yang bisa kubilang gak seharusnya kulakukan," ujar penyanyi bernama lengkap Solána Imani Rowe itu pada PopSugar. Ia tahu kalau para penggemarnya sudah pengin banget ada karya baru, apalagi album terakhirnya, Ctrl, sudah dirilis sejak 2017 lalu.

Karena tahun lalu SZA tiba-tiba rilis dua lagu, Good Days dan Hit Different yang hits banget, fans makin gak sabar deh. Mangkanya penyanyi kelahiran 30 tahun lalu itu mendedikasikan beberapa bulan ke depan khusus untuk fokus ke album barunya. Demi fans, apa sih yang nggak dilakukan~

Album Ctrl sendiri menceritakan kisah flashback sosok SZA ketika SMA dan kuliah. Kalau album baru yang akan datang ini akan mengangkat sosok penyanyi satu ini versi masa sekarang. Walaupun SZA merasa nggak berubah jadi dewasa banget karena masih punya sisi kacau dalam dirinya.

Berbicara mengenai genre musik penyanyi satu ini, SZA kurang suka terjebak di kategori-kategori tertentu. Musik menjadi media emosi dan titik lemah dirinya dan ia gak merasa perlu untuk dilabeli dengan suatu genre. "Melabeli itu sudah ketinggalan zaman banget dan sangat melecehkan," ujarnya.

Menurutnya, ia terinspirasi dari musik secara general. Tapi kalau genre R&B, ia menyebut „ingin terus melawan halangan atau genre karena itu yang membuat kita bertumbuh."

"R&B digunakan untuk menyamaratakan semua musik karya orang berkulit hitam dan artis berkulit hitam yang menyanyikan emosi mereka dengan musik yang beritme,“ ujar pengisi soundtrack film Black Panther tersebut. "Aku pernah disebut ’nggak cukup R&B. Tapi itu kayak penilaian berdasarkan bagaimana kalian mengira seorang orang berkulit hitam harusnya bermusik. [...] Aku akan bernyanyi sesuai sama apa yang aku rasakan, itu aja."

Nah, mari kita tunggu aja deh album terbaru dari SZA. Sempat viral juga di TikTok lagu berjudul Shirt yang catchy banget dan langsung disukai banyak orang, padahal belum resmi dirilis. Mari kita nantikan update selanjutnya.(*)

Related Articles
Entertainment
SZA Rilis Lagu Baru ‘I Hate U’, Hasil Eksperimen yang Viral di TikTok

Entertainment
SZA Rilis Album ‘Ctrl’ Versi Deluxe, Tambahan Tujuh Lagu dan Akan Bertambah Lagi

Entertainment
SZA Rilis ‘The Anonymous’ untuk Soundtrack Film ‘Dear Evan Hansen’