Entertainment

Berdurasi 4 Jam, Inilah 6 Chapter dalam Justice League Snyder's Cut!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on March 6th 2021

Film Justice League "Snyder's Cut" akan berdurasi empat jam. Untuk itulah, film ini akan dibagi ke dalam enam babak yang masing-masing menyoroti satu isu penting di dalam ceritanya.

Snyder Cut adalah versi original dari film Justice League yang awalnya digarap Zack Snyder pada tahun 2016, sebelum dia meninggalkan proyek tersebut dan menyerahkannya kepada Joss Whedon. Justice League versi Joss Whedon mengalami banyak pemotongan dan pengambilan ulang adegan yang pada akhirnya meringkas film tersebut hingga hanya menjadi dua jam, seperti yang ditayangkan di bioskop pada 2017 silam. Kini, para fans memiliki kesempatan untuk menonton versi original Justice League versi Snyder. 

Snyder dan HBO Max pada awalnya akan merilis Snyder Cut dalam bentuk serial TV empat episode, namun rencana tersebut batal, kemungkinan karena isu kontrak. Meski demikian, penayangan Justice League Snyder's Cut masih akan terbagi ke dalam enam chapter.

HBO Max telah merilis judul keenam chapter tersebut beberapa hari lalu, dan kini Mainmain.id akan membahas prediksi cerita di setiap chapter tersebut.

Chapter 1 - Don't Count on It, Batman

Batman alias Bruce Wayne adalah karakter superhero DC yang menginisiasi pembentukan Justice League. Don't Count On It, Batman akan berfokus pada usaha Batman untuk mengumpulkan semua superhero berdasarkan data milik Lex Luthor yang mencatat keberadaan para metahuman, termasuk para jagoan DC yang akan tampil di film ini.

Chapter 2: The Age of Heroes

Salah satu elemen terbesar dalam film Justice League adalah sejarah mengenai keberadaan Darkseid dan tujuannya untuk menjajah Bumi. Chapter 2 akan berfokus pada Uxas, nama asli Sang New God sebelum dia menyebut dirinya dengan nama Darkseid.

Pada film Justice League versi Whedon, Darkseid tidak muncul sama sekali. Hal itu akan berubah di versi Snyder Cut. Selain menghadirkan Darkseid, film tersebut juga akan menghadirkan versi original dari Steppenwolf.

The Age of Heroes kemungkinan akan bercerita tentang perjuangan para ksatria di masa lampau yang berusaha melindungi bumi dari serangan bangsa Apokolip dan Darkseid. Mereka antara lain adalahh bangsa Amazon, Atlan, Green Lantern dan Dewa-dewi Olympia.

Chapter 3: Beloved Mother, Beloved Son

Kunci cerita Justice League lainnya adalah kemunculan kembali Superman Henry Cavill setelah kematiannya di film Batman vs Superman. Beloved Mother, Beloved Son tentu berkaitan dengan hubungan antara Clark Kent dengan ibu angkatnya, Martha Kent. Bagian ini juga kemungkinan akan membahas kedekatan Bruce Wayne dengan ibunya yang meninggal karena dibunuh.

Potongan cerita yang hilang pada Justice League versi Whedon adalah kisah masa lalu Cyborg dan ibunya, Elinore Stone yang diperankan oleh Karen Bryson. Keberadaan Cyborg kemungkinan akan lebih banyak disorot dalam Justice League Snyder Cut, dan tentu saja cerita tentang masa lalunya akan sangat berpengaruh terhadap jalan cerita.

Chapter 4: Change Machine

Cyborg memang diketahui akan menjadi karakter penting dalma cerita Justice League. Chapter Change Machine merujuk kepada keberadaan Mother Box dan kisah masa lalu Cyborg. Judul ini juga bisa berarti mesin yang membangkitkan kembali Superman dari kematian.

Meski kebangkitan Cyborg mungkin tidak akan terjadi di chapter ini, namun karakter Silas Stone kemungkinan akan terbunuh di chapter ini, persis seperti yang tampak di trailer Snyder Cut.

Chapter 5: All The King’s Horses

Batman vs. Superman menunjukkan moti kuda yang merupakan simbol dari kematian atau tragedi, sama seperti kesan yang disandarkan pada keempat Horsemen of the Apocalypse. Meski demikian, All the King's Horses adalah potongan lirik dari lagi Humpty Dumpty: all the king's horses and all the king's men couldn't put Humpty together again.

Pilihan judul chapter yang menarik ini tampaknya berkaitan dengan usaha pembangkitan Superman yang dilakukan oleh Batman dan superhero yang lainnya.

Chapter 6: Something Darker

Something Darker tentu akan menjadi bagian terakhir yang menceritakan pertarungan antara Justice League yang sudah lengkap melawan Steppenwolf dan pasukannya. Namun tentu tidak selesai sampai disitu. Kekalahan Steppenwolf akan membuka jalan cerita untuk cerita Knightmare yang diprediksi akan menjadi masa depan cerita Justice League ke depannya.

Something Darker juga kemungkinan akan menjadi chapter yang menampilkan kemunculan Joker Jared Leto.

Epilog

Snyder juga mengatakan jika akan ada epilog di dalam film Justice League-nya. Mengingat bagian cerita Knightmare tidak terlalu banyak memiliki porsi dalam film-film DC sebelum Justice League, kemungkinan bagian tersebut akan disematkan di epilog.

Mengingat Snyder Cut akan berakhir menggantung, maka epilog ini kemungkinan akan menjadi pintu masuk bagi alur cerita lebih gelap yang menanti semesta film DC ke depannya. Justice League 2 juga diketahui akan berlatar di bagian cerita Knightmare.

Meski menurut Snyder Warner Bros. tidak tertarik meneruskan serial Justice League, namun kemunculan Snyder Cut sendiri adalah bukti bahwa segalanya mungkin dalam bisnis film dan hiburan. Akankah Justice League berkembang menjadi trilogi, seperti yang dulu direncanakan Snyder? Kita lihat saja nanti. (*)

Related Articles
Entertainment
Warner Bros. Akan Tayangkan Justice League Versi Zack Snyder di Channel HBO MAX

Entertainment
Apa sih Makna Poster Terbaru Justice League Snyder Cut?

Entertainment
Justice League Snyder's Cut akan Rilis Trailer Baru Minggu Nanti. Ada Apa Saja?