Entertainment

Ini 10 Daftar Serial dan Film Dokumenter Terbaik di Netflix

Jingga Irawan

Posted on March 6th 2021

Unsur paling disukai dalam film dokumenter adalah esensi kehidupan nyata yang langsung kita rasakan. Ditambah dengan kumpulan rekaman masa lalu, foto, audio hingga interview oleh seseorang yang berkaitan langsung dengan topik tertentu, membuat tampilan dokumenter menjadi lebih menarik.

Netflix adalah salah satu platform yang memiliki banyak sekali film dokumenter hebat. Jajaran dokumenter milik Netflix menampilkan beragam subjek dari true crime, politik, entertainment bahkan sport. Berikut adalah beberapa fitur dokumenter terbaik di Netflix yang dirangkum oleh Mainmain:

13

Film yang disutradarai oleh Ava DuVernay ini membahas mengenai penahanan massal minoritas setelah berlakunya amandemen ke-13 di Amerika Serikat. Seperti yang ditunjukkan dalam dokumenter tersebut, rasisme telah mendarah daging yang mengakibatkan penahanan meluas terhadap orang Afrika-Amerika dan minoritas lainnya.

American Murder: The Family Nextdoor

Film dokumenter asli Netflix American Murder: The Family Next Door adalah kronik pembunuhan keluarga Watts 2018 yang mengerikan. Film ini menyoroti penggunaan postingan media sosial, rekaman penegakan hukum, pesan teks, dan rekaman video amatir untuk meninjau kembali peristiwa pembunuhan terjadi.

Seorang wanita bernama Shanann Watts dan kedua anaknya hilang berhari-hari tanpa kabar. Film dimulai dari kekhawatiran teman Shanann yang baik hati karena tidak mendengar kabarnya selama dua hari. Dari kekhawatiran tersebut terungkap banyak fakta kebohongan yang merujuk pada suaminya.  

The Last Dance

Tidak perlu menyukai bola basket untuk terpesona oleh 10 episode dokumenter The Last Dance. Karena film ini menyajikan hubungan yang mengesankan antara karier dan kehidupan pribadi. Film ini mengikuti kisah Michael Jordan dengan Chicago Bulls disandingkan dengan kegiatan sehari-harinya. Beserta juga karier rekan setim-nya seperti Scottie Pippen dan Dennis Rodman.

Miss Americana

Satu-satunya bintang utama dalam film dokumenter ini adalah Taylor Swift. Lebih khusus lagi, dokumenter ini adalah film tentang perjalanan panjang Swift untuk memperkuat ketidakpedulian nya terhadap apa yang orang lain pikirkan. Film ini juga menyoroti masa-masa kelam Swift dalam berkarier dalam induatri musik. Selain itu, terdapat banyak momen penting dalam film ini yang menandai kebangkitan feminisme dari diri Swift dan keputusan untuk mengungkapkan pendapat politiknya secara publik.

The Great Hacker

Film dokumenter Netflix tahun 2019, The Great Hack, membawa penonton masuk dalam skandal antara Facebook-Cambridge Analytica secara tajam, dan bagaimana Facebook menyangkal bahwa media sosial-nya menggunakan data pribadi yang diambil dari pengguna. Melalui wawancara dengan jurnalis investigasi dan whistleblower Cambridge Analytica, Brittany Kaiser, film ini menawarkan penjelasan mendalam yang mengejutkan tentang bagaimana data telah menjadi sumber daya paling berharga di dunia internet dan bagaimana data digunakan untuk menargetkan pengguna dengan iklan dan "video viral" palsu.

Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes

Kisah Conversations with a Killer : The Ted Bundy Tapes mengikuti perjalanan pembunuh berantai cerdik yang telah merenggut nyawa setidaknya 30 wanita di AS. Disutradarai oleh Jon Berlinger, film ini mewawancarai orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Ted Bundy mengenai kehidupan pribadinya hingga karir di dunia politik.

Bundy yang dihukum mati menggunakan kursi listrik itu tidak seperti pembunuh berantai lainnya. Ia cerdas, rapi, berpenampilan menarik dan merupakan seorang akademisi. Berbeda halnya dengan pembunuh berantai lain Richard Ramirez -juga dibuatkan serial dokumenter oleh Netflix- yang cenderung seperti pembunuh jalanan.

The Unknown Known

Film garapan Errol Morris yang rilis pada taun 2013 ini mengisahkan karir politik mantan Menteri Pertahanan AS sekaligus anggota kongres Donald Rumsfeld. Ia duduk dalam serangkaian wawancara untuk memenuhi cerita lengkap rencana invansi perang Irak yang dilakukan oleh AS serta kejadian 9/11 pada masa itu.

Formula 1: Drive to Survive

Dokumentasi dari olahraga Formula 1, Drive to Survive mengambil seluruh aksi balap yang dikemas menjadi lanskap menarik. Dalam setiap episode Drive to Survive selalu ada cerita seru di baliknya. Mulai dari, dua pembalap yang tidak akur, seorang pembalap yang berjuang dengan cedera kecelakaan hingga seorang manajer yang tidak bisa membangkitkan kinerja timnya.

Amanda Knox

Amanda Knox adalah judul film dokumenter diambil dari nama seorang wanita asal AS yang berkuliah di Italia dan dituduh melakukan pembunuhan pada teman sekamarnya. Film ini memusatkan cerita saat Knox harus melalui serangkaian persidangan, banding dan penjara hingga akhirnya dibebaskan. Saat mengikuti alurnya, penonton bakal merasakan kesal luar biasa dengan proses penyelidikan dan persidangan yang dijalaninya.

Don’t Fxxk With Cats: Hunting an Internet Killer

Terakhir ada Don’t Fxxk With Cats. Serial yang berjumlah 3 episode ini mengikuti perjalanan Deanna Thompson dan John Green yang menyelidiki video pembunuhan kucing di internet menggunakan vacum cleaner. Tidak seperti penyelidikan pada umumnya, Deanna dan John melakukan perburuan melalui internet. Mereka tidak langsung terjun ke lapangan seperti layaknya polisi. Namun, keduanya berhasil menemukan pelaku pembunuhan kucing tersebut sekaligus pembantai seorang mahasiswa di Kanada. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Taylor Swift Kecam Netflix karena Candaan Seksis di Serial ‘Ginny & Georgia’

Sport
Ngefans Parah Sama Jordan? Series 'The Last Dance' Sudah Hadir di Netflix

Entertainment
‘Squid Game’ Jadi Serial Korea Pertama yang Duduki Puncak Netflix AS