Tech

TikTok Resmi Rilis Fitur Q&A, Bisa Jadi Tempat FAQ buat Para Kreator Konten

Buat kalian yang seleb TikTok dan sering kebanjiran pertanyaan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 5th 2021

Fitur baru TikTok di akun @plumsoju

Setelah bulan Januari lalu kabar Q&A (Question and Answer) bakal muncul di TikTok, akhirnya fitur satu ini rilis juga! Seperti yang sebelumnya telah tersebar, fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi tersebut memberikan pertanyaan ke kreator lalu bisa dijawab dengan video atau teks.

(Foto: Tangkapan layar TikTok @plumsoju)

Q&A di TikTok diluncurkan secara global sejak hari ini untuk akun berstatus kreator. Tanda Q&A akan muncul di bagian bio. Kalau kita klik, kita bisa menulis pertanyaan untuk sang kreator di sana. Pertanyaan-pertanyaan dari pengguna lain juga akan terkumpul di tempat tersebut.

(Foto: Tangkapan layar TikTok @plumsoju)

Kalau mau bertanya di satu video tertentu, bisa juga kok. Tinggal komentar seperti biasa, lalu klik tanda Q&A, bukan tanda kirim. Nanti pertanyaan tersebut bakal muncul di komentar video sekaligus di kolom Q&A yang ada di bio.

Klik logo '?' buat mengajukan pertanyaan (Foto: Tangkapan layar TikTok @plumsoju)

Komentar pertanyaan akan punya logo '?' (Foto: Tangkapan layar TikTok @plumsoju)

Nah, kreator bisa membalas pertanyaan tersebut dengan jawaban teks atau video. Kalau dengan video, konsepnya mirip seperti membalas komentar dengan video. Kan biasanya sering tuh kreator bikin video dari komentar tertentu, entah buat membantah komentar atau memang sekadar menjawab.

Q&A cocok banget buat kreator yang punya fans superbanyak dan sering mendapat pertanyaan yang sama. Misalnya ada satu kreator yang potongan rambutnya bagus, terus banyak banget yang tanya di setiap video. Kan capek gitu ya kalau harus membalas berkali-kali. Nanti gak jawab dikira sombong lagi.

Nah, tinggal jawab aja deh satu pertanyaan di bagian Q&A, jadi yang mau tahu jawabannya bisa cek di bagian tersebut. Frequently Asked Question (FAQ) gitu lho istilahnya. Awas aja ada yang masih bertanya padahal sudah jelas ada jawabannya di Q&A.

Nah, kamu sudah coba fitur baru ini belum? Yuk yuk kasih kreator kalian pertanyaan yang selama ini kalian pendam~

Di luar itu, ada alasan menarik kenapa kita jarang lihat kreator TikTok asal Tiongkok padahal aplikasi ini berasal dari negara tersebut. TikTok juga sepertinya punya saingan yang potensial nih, Spotlight dari Snapchat. (*)

Related Articles
Tech
TikTok Uji Coba Fitur Q&A, Tempat Kreator Jawab Pertanyaan dalam Teks atau Video

Tech
TikTok Siapkan Fitur Moderator dan Filter Komentar saat Live demi Cegah Bullying

Tech
TikTok Siapkan Fitur Jump, Kreator Gak Perlu Taruh Link di Bio Lagi