Tech

Tak Perlu Repot, WhatsApp Bakal Bisa Hapus Gambar dan Video Otomatis

Dwiwa

Posted on March 4th 2021

 

Setelah meluncurkan fitur penghapus pesan otomatis tahun lalu, WhatsApp kini sedang mengembangkan fitur anyar yang dapat digunakan untuk menghapus foto secara otomatis.

Saat fitur ini sudah tersedia, pengguna Andorid maupun iOS bisa membagikan gambar yang dapat terhapus secara otomatis di percakapan pribadi maupun grup.

Gambar tersebut akan memiliki label peringatan dan akan hilang begitu pengguna meninggalkan ruang obrolan. Dengan begitu, saat membagikan gambar dan mengaktifkan fitur ini, penerima tidak akan bisa mengekspor media yang dikirim atau yang sudah diberi tanda “rusak” atau “hilang”.

Media yang sudah hilang ini akan meninggalkan bekas seperti pesan yang telah dihapus. Fitur ini juga berarti media yang dikirim tidak akan bisa disimpan. Dengan begitu pengguna bisa lebih menghemat ruang penyimpanan ponsel dan foto jadi tidak bisa disebarkan ke pihak lain.

Tetapi menurut WABetaInfo, masih belum ada kejelasan apakah WhatsApp akan mengijinkan untuk melakukan tangkapan layar atau tidak terhadap foto yang sudah ditandai “rusak” atau "hilang". Saat ini, fitur sedang diuji coba pada WhatsApp Android versi beta 2.20.201.1 dan belum ada kejelasan kapan akan diluncurkan untuk umum.

Selain itu, dilansir dari Zee Business, WhatsApp juga telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat melakukan mute video. Fitur yang baru tersedia untuk pengguna Android ini memungkinkan pengguna menghilangkan suara pada video yang akan dikirim ataupun diunggah sebagai status.

“Fitur Mute Video baru dapat ditemukan di layar pengeditan video. Ikon volume sekarang muncul di bawah bilah pencari, saat mengklik ikon ini akan membungkam video yang dikirim,” tulis WhatsApp di Twitter. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Asyik, WhatsApp Desktop Sudah Bisa Buat Telepon dan Panggilan Video

Tech
Kini Lebih Mudah Temukan File di WhatsApp dengan Advanced Search

Tech
View Once, Fitur Baru WhatsApp untuk Hilangkan Foto dan Video Setelah Dilihat