Tech

Billboard Kini Hitung Stream dari Video Musik Resmi yang Diunggah ke Facebook

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 4th 2021

(Foto: Facebook)

Masuk ke tangga lagu Billboard saat ini menjadi salah satu pencapaian yang bergengsi banget buat para musisi. Salah satu faktor yang diperhitungkan buat masuk ke chart Billboard adalah stream. Nah, baru-baru ini pemutaran video musik resmi di Facebook bakal masuk ke perhitungan stream juga lho!

Stream dari pengguna Facebook asal Amerika Serikat akan memengaruhi tangga lagu Billboard Hot 100, Billboard 200, Artist 100, dan Billboard Global 200, dan tangga lagu lain yang memperhitungkan jumlah streams.

Update ini akan dimuai pada 27 Maret mendatang, berdampak pada total penjualan dan streams tanggal 12-18 Maret. Streams yang diperhitungkan hanya dari video musik resmi dari sang artis, bukan konten tidak resmi dari fans. Pokoknya video resmi yang diunggah di laman resmi sang artis juga.

Di tahun 2013 lalu, Billboard mulai memperhitungkan stream YouTube, bahkan termasuk user-generated content (video buatan pengguna) untuk sejumlah tangga lagu. Pada Januari 2020, tayangan untuk video musik resmi juga masuk perhitungan.

Perhitungan Billboard memang agak ribet. Buat tangga lagu Billboard Hot 100, yang dihitung ada penjualan lagu, jumlah pemutaran di radio, dan streaming. Kalau dari streaming, ada poin yang berbeda-beda untuk jenis platform-nya.

Untuk platform berbayar (seperti Apple Music dan Amazon Music), setiap pemutaran dihitung satu poin penuh. Buat platform beriklan atau hybrid paid (seperti Spotify dan SoundCloud), poinnya lebih kecil, hanya duapertiga.

YouTube masuk dalam platform beriklan juga, namun kalkulasinya akan diambil lebih rendah dari Spotify dan Soundcloud. Untuk platform yang programmed (seperti Pandora dan Slacker Radio) akan diberi poin setengah.

Facebook sendiri termasuk dalam platform beriklan, berarti setiap stream akan dihargai duapertiga poin. Menarik banget nih. Soalnya streaming jadi faktor yang dominan dalam tangga lagu Billboard Hot 100, diikuti oleh jumlah pemutaran di radio dan penjualan lagu secara digital.

Buat tangga lagu Billboard 200, perhitungannya terbagi jadi dua. Tingkat pertama yaitu stream dari platform berbayar. Setiap 1.250 streams sama dengan satu unit album. Kalau dari platform beriklan, 3.750 streams sama dengan satu unit album.

Dengan bertambahnya pilihan platform untuk streaming, karya seorang musisi bisa punya kesempatan lebih besar buat masuk ke chart Billboard. Wah, bakal makin ramai nih kalau ada streaming party~

Artikel Terkait
Entertainment
Olivia Rodrigo Bikin Sejarah di Tangga Lagu Billboard (Lagi) dengan ‘Deja Vu’

Korea
Presiden Korea Selatan Beri Ucapan Selamat atas Prestasi BTS di Billboard

Korea
Kado Istimewa, BTS Rajai Billboard Hot 100 pas Saat Ultah Jungkook