Korea

Budaya Asrama Diduga Jadi Penyebab Utama Masalah Girl Group Kpop  

Delima Pangaribuan

Posted on March 3rd 2021

(Kprofiles)

Tahun lalu, dunia Kpop digegerkan sama kasus bullying dalam grup AOA, yang dilakukan Jimin dan korbannya adalah Mina. Awal tahun ini, Kpopers kembali mendengar cerita yang mirip dari grup April, dengan Hyunjoo sebagai korban. Jauh sebelumnya, kasus besar lain menimpa grup T-ara dan jadi salah satu kasus bullying dalam grup yang paling fenomenal kala itu.
 
Melihat kecenderungan terjadinya bullying dalam grup ini bikin warganet dan fans pun bertanya-tanya apa penyebabnya. Mengutip AllKpop, topik ini menjadi bahan perbincangan warganet di komunitas online baru-baru ini. Dan menurut mereka, salah satu penyebab utama adalah budaya asrama atau dorm.
 
Grup Kpop banyak yang diketahui tinggal dalam satu asrama atau rumah yang sama. Ini untuk memudahkan mereka dalam beraktivitas, misal mau rekaman atau promosi. Mereka tinggal berangkat bareng aja didampingi manajer. Secara teknis mungkin kelihatan nyaman, tapi justru menurut warganet, kebersamaan ini juga punya sisi negatif.
 

(AllKpop)
 
Mereka menilai kalau gak semua orang bisa tinggal bersama orang lain dalam satu rumah terus-menerus. Apalagi dalam konteks rekan kerja, hubungan yang sebenarnya dimiliki dalam sebuah grup. Tapi dengan tinggal di asrama, otomatis mereka bakal ketemu terus selama 24 jam. Baik di tempat kerja ataupun ketika mau istirahat.
 
Ini bukan sesuatu yang gampang bahkan jika rekan grup itu teman dekat yang akrab.
 

"Sulit untuk terus bersama-sama 24 jam tidak peduli seberapa akrab kalian. Ada saat di mana kalian tidak bakal tahan dengan seseorang. Sebuah kebohongan kalau suatu grup tidak pernah bertengkar sekalipun. Sulit untuk saling menghindar setelah pertengkaran kecil, itu saja sudah bisa membuat situasi canggung," tulis seorang warganet seperti dikutip AllKpop.
 
Itu yang akrab. Belum lagi kalau ada yang emang gak suka dan akhirnya muncul bullying. Seseorang gak mungkin tahan tinggal bareng sama orang yang gak dia sukai atau gak suka sama dia. Kalau tinggal sendiri-sendiri, masih mungkin untuk istirahat dari interaksi sosial setelah kerja seharian. Tapi sulit kalau tinggal di dorm.
 
Hal ini diamini sama warganet lain yang nimbrung di postingan tersebut. Mereka sepakat kalau teman dekat sekalipun sebaiknya tidak tinggal serumah karena rawan merusak hubungan.
 
Bakal agak mending kalau dalam suatu grup Kpop, masing-masing member punya kamar dan ruangan sendiri. Gak campur jadi satu kamar seperti yang masih jadi tren saat ini. Mungkin demi menghemat budget bikin asrama kali ya, makanya dijadikan satu. Gimana menurut kalian, Kpopers Mainmain? (*)
 
Related Articles
Korea
Ramai Isu Bullying di AOA, Warganet Terpecah Jadi Dua Kubu

Korea
Kasus Bullying Grup April, Adik Hyunjoo Salahkan Agensi

Korea
Pasca Insiden Kwon Mina, AOA Seolhyun Banjir Kritik dari Warganet