Hobi

Rakata, Aplikasi Baca Buku Digital dari Penerbit Mizan yang Bukunya Murah Banget

Gak ada alasan lagi buat baca buku bajakan.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 2nd 2021

(Mengandung gambar dari Instagram @rakatadotid)

Buat kalian yang aktif di komunitas booktwt atau bookstagram, pasti tahu deh aplikasi satu ini. Rakata adalah sebuah platform untuk baca dan membeli buku elektronik (e-book) buatan Penerbit Mizan. Nah, apa sih bedanya Rakata sama aplikasi baca lain? Yuk, simak!

1. Bukan platform langganan

Rakata beda dari Gramedia Digital atau Scribd. Kalau dua aplikasi tersebut dasarnya adalah platform langganan (walaupun Gramdig bisa beli bukunya juga sih), Rakata basisnya adalah toko buku digital. Jadi, kita bisa membeli buku tertentu dan bukunya jadi milik kita. Bukunya hanya bisa dibaca di aplikasi Rakata ya. Mirip seperti Google Play Books, tempat beli dan baca buku digital.

2. Koleksi buku

Karena aplikasi ini buatan penerbit Mizan, koleksi buku yang bisa dibeli hanya berasal dari Mizan dan imprint-nya seperti Noura Books, Bentang Pustaka, Bentang Belia, Qanita, dan lain-lain. Tapi, pilihan bukunya lengkap banget kok. Mizan kan memang terhitung penerbit besar di Indonesia~

Halaman beranda aplikasi Rakata

Untuk pengalaman membaca buku di aplikasi ini lumayan baik kok. Susunan paragraf buku akan otomatis mengikuti layar perangkat agar mudah dibaca. Kita bisa atur ukuran huruf agar lebih besar atau kecil dan bisa juga mengganti warna latar menjadi sepia (agak kekuningan gitu).

Kita bisa lihat bab dengan klik ikon garis tiga di kiri atas layar, jadi bisa langsung baca bab tertentu. Sayangnya aplikasi ini belum memungkinkan kita meng-highlight atau memberi catatan pada buku. Kita hanya bisa menandai halaman tertentu aja.

Dan, kita gak bisa mengambil tangkapan layar (capture) sama sekali di aplikasi ini. Bahkan bagian profil atau koleksi buku juga gak bisa di-screenshoot. Demi keamanan dari pembajakan sih....

3. Promo buku dan metode pembayaran

Karena masih aplikasi yang baru banget, ada promo yang menggoda banget nih. Ada 753 judul buku (lengkapnya lihat di sini) yang bisa kita beli hanya dengan harga Rp10 ribu! Ceban doang bisa dapat buku digital punya kita sendiri. Best deal banget.

Ada buku Recehan Bahasa dari Ivan Lanin, beberapa buku dari serial Supernova karya Dee Lestari, Different Seasons dari Stephen King, dan banyak lagi.

Halaman buku-buku promo Interval Rp10 ribu

Metode pembayarannya bisa dengan GoPay, poin Rakata, dan voucher Rakata (biasanya dapat kalau menang giveaway). Belum terlalu banyak pilihan memang, tapi wajar karena masih baru.

4. Poin Rakata

Nah, yang bikin aplikasi ini menarik adalah sistem referral-nya. Kita bisa membagikan undangan dengan kode kita untuk orang-orang yang baru akan menggunakan aplikasi Rakata. Setiap orang yang digunakan kodenya dan yang baru mendaftar akan dapat 5.000 poin, setara dengan Rp5 ribu.

Poin tersebut bisa digunakan untuk beli buku lagi. Poinnya harus sesuai atau melebihi harga buku, nggak bisa buat potongan harga ya. Buat kalian yang baru mau daftar, klik di sini buat dapat 5.000 poin secara gratis.

5. Bisa menulis buku langsung dan dibaca pengguna aplikasi

Buat kamu yang bercita-cita jadi penulis, kamu bisa lho menulis karya kamu di aplikasi ini. Mirip seperti Wattpad atau Storial, tapi ini dibuat langsung di platform milik penerbit lho. Upload tulisannya gak harus selesai satu buku kok, per chapter juga bisa. Siapa tahu kan karya kalian disukai terus dilirik sama Mizan~

6. Ada forum diskusi

Kalau sudah baca buku, lebih asyik buat dibicarakan bareng orang-orang bibliophile juga dong. Nah, Rakata juga punya fitur forum untuk membahas beberapa topik. Sistemnya bakal ada topik tertentu yang dibuat, lalu ada post-post yang bisa didiskusikan. Diskusinya dalam bentuk komentar di post tersebut.

Mungkin karena masih baru, forum yang tersedia belum banyak. Fitur berkomentar juga masih terbatas (hanya bisa menulis aja, gak bisa mengunggah foto atau media lain) dan buggy.

Nah, itu dia tadi sekilas tentang aplikasi baca Rakata. Yuk yuk unduh, segera beli dan baca buku di aplikasinya. Jangan baca buku bajakan! (*)

Related Articles
Interest
Sambil Social Distancing, Baca deh 5 Rekomendasi Buku dari Kendall Jenner!

Interest
7 Pernak-pernik Buku yang Estetik!

Interest
Kamu Pecinta Buku alias Bibliophile? Follow 5 Akun Bookstagram Ini!