Korea

P Nation Upload Ulang Lagu-lagu yang Hilang dari Spotify

Delima Pangaribuan

Posted on March 2nd 2021

(Koreaboo)
 
Kemarin industri Kpop gonjang-ganjing karena ratusan lagu Kpop menghilang dari Spotify. Hal ini merupakan imbas dari berakhirnya lisensi antara Spotify Korea dengan Kakao M sebagai distributor musik Korea Selatan. Artis-artis terdampak, salah satunya dari agensi P Nation.
 
Melansir Koreaboo, agensi yang didirikan PSY ini juga mengalami hilangnya lagu-lagu artis mereka di Spotify. Antara lain Jessi, Hyuna, Dawn, Crush, Heize, dan D.Ark. Namun, gak ingin berlama-lama mengecewakan penggemar, agensi ini pun mengambil langkah.
 
Mereka mengunggah ulang lagu-lagu para artis P Nation di Spotify. Lagu-lagu mereka bisa diakses lagi per pukul 14.00 KST tanggal 1 Maret kemarin, dengan distribusi copyright sendiri dan gak di bawah Kakao M lagi. 
 
Kalau sebelumnya lagu dan album P Nation di Spotify masih menyertakan Kakao M, sekarang benar-benar lisensi P Nation sendiri. Memang gak semua album karena artis mereka sebelumnya juga pernah merilis lagu-lagu sebelum bergabung dengan P Nation.
 
Tapi dampaknya, jumlah streaming yang sudah tercatat selama ini pun ikut hilang. Kehilangan ini cukup signifikan. Misalnya untuk lagu Jessi Nunu Nana sebelumnya tercatat sudah di-stream lebih dari 30 juta kali. Sekarang jadi nol. Begitu juga lagu Hyuna I'm Not Cool yang sudah mengumpulkan 10 juta lebih stream, sekarang nol juga.
 
Menurut postingan Spotify Community, memang semua lagu yang di-upload ulang dan sebelumnya berada di bawah lisensi Kakao M bakal kehilangan jumlah streaming. Kecuali kalau distributor lagu artis tersebut bukan cuma dari Kakao M, tapi juga berafiliasi dengan distributor lain. Itu masih memungkinkan ada jumlah streaming lawas yang terhitung.
 
Fans sendiri menduga P Nation bisa mengambil langkah itu karena mereka sebelumnya juga terafiliasi dengan distributor selain Kakao M, yakni iriver. Tampaknya artis-artis Kpop lain juga akan melakukan hal yang sama demi bisa memasukkan lagu-lagu mereka lagi ke platform streaming global itu. (*)
 
Artikel Terkait
Interest
Go Public di TV, Gaya Pacaran HyunA dan Dawn Dianggap Dobrak Industri KPop

Korea
Spotify Hapus Lagu, Kakao M Diprotes Penikmat Kpop Sedunia

Korea
Cuma Dua Bulan, ‘Zoom’ Jadi Video Klip Jessi yang Sukses Capai 100 Juta Views