Lifestyle

StudyStream, Platform Belajar Pelajar Seluruh Dunia buat Kamu yang Susah Fokus

Konsepnya kayak belajar di perpustakaan, tapi virtual

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 1st 2021

Tangkapan layar web StudyStream

Buat kamu yang susah fokus kalau belajar sendirian apalagi sekarang serbadaring, harus coba web satu ini deh. StudyStream adalah komunitas belajar internasional buat pelajar sampai mahasiswa. Salah satu inovasinya adalah Focus Room, ruangan belajar bareng berisi pelajar dari seluruh dunia!

Nah, di Focus Room ini, kita bisa belajar bareng sambil ditemani pelajar dari berbagai negara yang lagi produktif juga. Tentunya daring ya, pakai Zoom. Kita nggak perlu bicara, cukup menyalakan kamera dan langsung deh belajar atau menyelesaikan tugas. Konsepnya kayak video-video study with us di YouTube, kita ditemani orang yang lagi belajar juga, tapi tanpa suara.

Buat kamu yang baru kenal konsep SWU, teknik ini sebenarnya cukup umum buat para anak-anak ambis. Intinya kalau kita melihat seseorang melakukan pekerjaan, kita cenderung ingin mengikutinya. Kayak di perpustakaan gitu lho, vibes belajarnya kan terasa banget karena semua orang diam dan fokus. Selain itu, karena bisa dilihat oleh orang lain, kita cenderung fokus karena merasa diawasi. Masa lagi sesi belajar malah tiba-tiba bikin TikTok, kan malu tuh.

Nah, cara gabungnya gampang. Kunjungi aja studystream.live, terus pilih Focus Room. Ada dua pilihan ruangan yaitu untuk pelajar jenjang sebelum universitas (mayoritas sih SMA, tapi selain itu juga nggak masalah kok) dan mahasiswa.

Bedanya hanya di pesertanya aja, room-nya kurang lebih sama. Ruangan pre-university student agak susah buat menyambungkan audio (nggak muncul pilihan negara buat dial-in) dan nggak bisa chat.

Focus Room buat pre-university student

Kalau ruangan university students dan young proffesionals, audio bisa langsung tersambung, tapi kita nggak bisa menyalakan mic kecuali diminta admin. Fitur chat juga ada, tapi hanya untuk mengirim pesan ke admin.

Chat ke admin hanya untuk melaporkan kalau ada pelanggaran seperti konten yang tak pantas. Jadi, jangan berharap bisa cari cogan atau cecan bule di sini, karena nggak bisa bicara atau chat (bisa sih, tapi di sesi tertentu aja).

Focus Room buat university students dan young proffesionals

Selain menyediakan Focus Room, StudyStream juga rutin mengadakan acara yang berkaitan dengan belajar, seperti seminar, diskusi grup, sesi mindfulness, dan lain-lain. Semua jadwalnya ada di web mereka kok (di bagian Focus Room, paling bawah yang bentuk kalender), jadi pantengin terus kalau mau ikut.

Eits, ingat. Kalau sesi diskusi dibuka atau ada kesempatan buat interaksi, jangan alay. Gak usah deh nge-spam I’m from Indonesia, looking for boyfriend/girlfriend“ atau kalimat-kalimat norak lain. Jangan bikin malu negara deh walaupun cuma di dunia maya. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Suka Ngantuk? Coba Coffee Nap, Perpaduan Kopi dan Tidur Singkat Biar Produktif

Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih

Lifestyle
UNIQLO Akan Kolaborasi dengan Museum Louvre, Kira-Kira Gimana Jadinya ya?