Korea

Ini Penjelasan Spotify Soal Lagu-lagu Kpop yang Dihapus

Delima Pangaribuan

Posted on March 1st 2021

(Koreaboo)

Spotify memberi keterangan terkait sejumlah lagu Kpop yang mereka hapus dari platform tersebut. Ini menyusul protes dari para fans di seluruh dunia yang gak bisa lagi menikmati lagu-lagu tertentu kesayangan mereka di Spotify.

Seperti diberitakan Koreaboo, Spotify menyampaikan kalau dihapusnya banyak lagu dari artis-artis Kpop itu disebabkan habisnya masa lisensi. Melalui sebuah media Inggris, NME, Spotify menjelaskan lebih rinci terkait lisensi kedaluwarsa sebagai berikut.

"Katalog Kakao M tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 karena habisnya masa lisensi kami. Kami telah bekerjasama dengan Kakao M selama kurang lebih satu setengah tahun untuk memperbarui kesepkatan lisensi global, sehingga musik para artis tetap tersedia untuk kurang lebib 345 juta pendengar di 170 negara," begitu bunyi sebagian penjelasan Spotify.

"Meski telah berusaha, namun kesepakatan lisensi yang sudah kami miliki bersama Kakao M (yang mencakup semua negara di luar Korea Selatan) telah berakhir," tegas mereka. 

Di sisi lain, Spotify berharap bahwa berakhirnya masa kontrak lisensi ini gak berlangsung terlalu lama. Artinya masih ada harapan bahwa di masa depan, lagu-lagu yang sekarang raib itu bisa balik lagi nongol di Spotify.

Sptify juga mengakui belum mencapai kesepakatan global yang baru. "Sangat disayangkan terutama untuk para artis, sebagaimana juga bagi para pendengar dan penggemar di seluruh dunia."

"Harapan kami bahwa permasalahan ini hanya sementara dan kami bisa memecahkan situasi ini secepatnya. Kami berkomitmen tetap membangun kerjasama dengan pemegang hak cipta lokal termasuk Kakao M demi membantu bertumbuhnya pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan," lanjut mereka.

Semoga bener-bener cuma sementara ya, karena kasihan juga para artis kalau lagu mereka di Spotify berkurang. Karena itu bakal berpengaruh juga ke pendapatan mereka nantinya. (*)

Artikel Terkait
Korea
Dua Pihak Sepakat, Lagu-Lagu Kpop Kakao akan Kembali ke Spotify

Korea
Spotify Hapus Lagu, Kakao M Diprotes Penikmat Kpop Sedunia

Korea
P Nation Upload Ulang Lagu-lagu yang Hilang dari Spotify