Esports

Ini Hero yang Jadi Meta Mobile Legends Bang Bang Season 19

Ridho

Posted on February 28th 2021

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) selalu memberikan pengalaman bermain yang berbeda bagi para pemainnya. Termasuk dalam membuat Meta dari hero yang tersedia.

Berkaca pada turnamen paling bergengsi, M2 World Championship, kalian bisa belajar banyak hal dari sana. Di antaranya adalah hero mana yang jadi pilihan, banned, dan memiliki hasil yang luar biasa.

Pada artikel ini, tim Mainmain.id akan membahas beberapa hero yang paling terkenal. Mulai dari yang paling banyak dipilih, paling banyak mendapat ban, serta hero yang punya tingkat kemenangan tertinggi.

Hero yang Paling Banyak Dipilih

Berikut ini adalah tiga hero yang paling banyak dipilih pada Meta Season 19 ini. Berbagai aspek berkontribusi pada pemilihan para hero ini, mulai dari pilihan yang baik dan stabil secara keseluruhan, hingga menjadi hero yang kuat sepanjang masa.

Lapu-Lapu

Sejak perombakannya di patch terakhir, Lapu-Lapu menjadi pilihan favorit teratas di antara pemain di Ranked Match dan turnamen profesional. Di M2 saja, dia dipilih sebanyak 40 kali dan memiliki pick rate 58 persen.

Ultimate Skill dan Passive Skill yang dimodifikasi dari Lapu-Lapu terlalu kuat di META saat ini, terutama melawan Crowd-control Effects. Kerusakan yang bisa dia berikan juga merupakan ancaman bagi siapa pun yang akan dia hadapi di Offlane. Lapu-Lapu cukup bagus untuk setiap keadaan, tidak peduli hero apa yang akan dipilih oleh tim musuh.

Hero Courageous Blade dapat memberikan Efek Crowd-control, dengan jumlah damage yang cukup besar secara konsisten dari game awal hingga akhir, memiliki Kekebalan Crowd-control dari Ultimate-nya, memiliki daya tahan yang besar dari Passive-nya.

Beberapa hal itu yang menjadikan Lapu-Lapu adalah hero yang pasti bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

Namun demikian, beberapa item dapat digunakan untuk melawan hero ini seperti Antique Cuirass karena Lapu-Lapu bergantung pada Basic Attack-nya pada waktu-waktu tertentu.

Item lain untuk melawannya selama late game adalah Sea Halberd atau Necklace of Durance. Kedua item itu membantu untuk mengurangi 50 persen regenerasi HP dari lawan. Sehingga Lapu-Lapu akan kesulitan jika lawan menggunakan item ini.

Benedetta

Benedetta sejauh ini adalah salah satu Assassin terkuat di game, mengamankan pick rate sebesar 54 persen di M2 dan dimainkan 37 kali. Kemampuan terkuatnya adalah dia dapat digunakan di Gold Lane atau Experience Lane, bahkan sebagai Hyper Carry dalam beberapa kasus.

Dia memang salah satu hero paling mobile dalam game ini, karena Skill Pasifnya, memungkinkannya untuk Dash tanpa menggunakan Mana. Selain itu, hero META saat ini memiliki satu kesamaan Kekebalan akan Crowd-control.

Benedetta melawan kemampuan seperti itu dengan skill keduanya, An Eye For An Eye, dengan menghindari efek Crowd-control. Selain itu, ia bisa berfungsi ganda sebagai serangan balik berkat kemampuannya yang menakjubkan.

Untuk saat ini, Benedetta adalah pilihan yang sangat aman untuk sebagian besar situasi, tetapi ada satu hero yang bisa menghentikannya, yakni Silvanna.

Silvanna adalah counter yang benar-benar sempurna melawan Benedetta, karena Skill Ultimate-nya tidak akan terhindarkan kecuali dengan bantuan Purify Battle Spell. Namun, itu sangat tidak mungkin terjadi karena Benedetta paling efektif dengan Execute Battle Spell.

Item seperti Antique Cuirass juga bisa digunakan untuk meng-counter output damage-nya, begitu juga dengan Dominance Ice untuk memperlambat Movement Speed-nya untuk mengejar hero lincah ini.

Yu Zhong

Sejak kedatangan perdananya ke Land of Dawn, Yu Zhong tidak pernah lepas dari META. Meskipun sempat mendapat nerf baru-baru ini, dia masih salah satu pilihan prioritas utama di Pertandingan Ranked serta turnamen. Tren seperti itu dibuktikan dengan pick rate 51 persennya di M2 dimana hero tersebut dipilih sebanyak 35 kali.

Dapat dikatakan bahwa Yu Zhong sejauh ini adalah salah satu Offlaner paling menjengkelkan yang pernah dimiliki game ini. Skill Pasifnya memungkinkan dia untuk menguras HP musuhnya dan meregenerasi HP miliknya, membuatnya sangat sulit untuk bertahan melawannya di game awal hingga pertengahan.

Poin plus lainnya yang dimiliki Black Fierce Dragon ini adalah Kekebalan Kontrol Kerumunan Ultimate miliknya, mengubahnya menjadi monster dalam pertarungan tim.

Namun, Yu Zhong hanya sangat kuat saat melawan hero Melee. Beberapa pilihan hero yang bagus untuk melawan Yu Zhong adalah Wanwan dan Claude. Sementara item seperti Sea Halberd dan Necklace of Durance membantu mengurangi Regenerasi HP Yu Zhong.

Hero yang Sering di Banned

Para hero ini terus-menerus di banned karena betapa berbahayanya jika dilepaskan. Namun, ada item dan hero menjadi counter.

Natalia

Natalia adalah hero yang paling ditakuti karena kemampuannya tidak terlihat dan memberikan efek silent. Pada dasarnya, dia adalah perusak rotasi, mengganggu rotasi tim musuh dengan menargetkan Hyper Core Utama lawan. Di M2 saja, dia memiliki tingkat banned 88 persen, dengan total 61 jumlah banned.

Dalam META kali ini, Hyper Core akan sering bertani monster Hutan sendiri dan di sanalah Natalia datang untuk bermain dengan mengganggu dan mungkin membunuh sang hero. Sementara Hyper Core sedang berjuang untuk mendapatkan item penting mereka, Natalia bisa mendapatkan lebih awal dari yang mereka lakukan.

Sederhananya, dia adalah perusak META saat ini dan ditakuti sehingga tidak ada tim yang memiliki keunggulan melawan yang lain.

Natalia adalah satu-satunya hero yang benar-benar dapat mengganggu cara farming Hyper Core yang efisien saat ini. Bahkan jika Natalia tidak berada di dekat hero musuh, mereka tetap perlu memberikan perhatian yang lebih besar dan karenanya mengharuskan mereka untuk farming di area yang lebih aman.

Natalia selalu digunakan sebagai Support karena itu adalah posisi terbaik yang bisa dia tugaskan. Item counter yang efektif melawan Natalia termasuk Cursed Helmet, yang sangat bermanfaat bagi hero Tank untuk mendeteksi posisi Natalia.

Sedangkan untuk hero seperti Mage dan Marksman, Antique Cuirass dan Twilight Armor bisa digunakan untuk mengurangi damage-nya agar tidak terkena one-shotted.

Brody

Sejak penyesuaiannya baru-baru ini di patch terbaru, Brody menjadi hero yang harus di banned hampir setiap pertandingan. Tertinggal sedikit di bawah Natalia, Brody memiliki tingkat larangan 84 persen di M2 dan diblokir 58 kali.

Brody memang kuat di awal-awal permainan tetapi kesulitan saat permainan berlanjut ke tahap-tahap akhir permainan. Apa yang memungkinkan dia untuk masuk kembali ke META adalah peningkatan Damage Growth per Levelnya, membuatnya terlalu kuat.

Jika kalian adalah pemain yang lama, Brody punya karakteristik yang mirip dengan Granger. Brody hanya membutuhkan Blade of Despair, bersama dengan Endless Battle untuk memberikan damage yang signifikan.

Terlepas dari potensi seperti itu, Brody tetap bukan Hyper Core terbaik dari game ini karena kurangnya mobilitas. Pada saat yang sama, Brody memiliki Skill yang Menakjubkan sementara kebanyakan Marksman tidak memilikinya.

Plus, seperti Benedetta, Silvanna adalah lawan yang bagus melawan Brody karena kemampuannya untuk mengurangi mobilitasnya dan memasuki pertempuran jarak dekat. Item seperti Dominance Ice, Antique Cuirass, dan Twilight Armor adalah item pertahanan yang bagus untuk melawan damage yang besar dari Brody.

Esmeralda

Sebenarnya tidak mengherankan melihat Esmeralda jadi hero yang paling dilarang di META saat ini, meskipun menerima banyak nerf dalam beberapa patch terakhir. Dengan ban rate 78 persen di M2, hero ini telah dihapus dari draft 54 kali.

Selain menjadi salah satu hero paling awet di dalam game, faktor paling menyebalkan dari Esmeralda adalah membuat musuhnya mempertimbangkan kembali untuk membeli Athena Shield.

Meskipun item tersebut memberikan perisai tambahan untuk tujuan defensif, Esmeralda dapat dengan mudah menyedot semua perisai untuk keuntungannya.

Esmeralda dapat digunakan sebagai Hyper Core di Mid Lane tetapi paling efektif jika ditempatkan di Gold atau Experience Lane.

Wanwan, adalah counter yang sangat sempurna selama early game. Seperti Yu Zhong, Esmeralda kesulitan menghadapi para pahlawan Marksman. Item seperti Sea Halberd dan Necklace of Durance membantu melawan Regenerasi HP yang Tinggi dan Oracle adalah pilihan tepat untuk membatalkan Magic Damage-nya.

Hero dengan Tingkat Kemenangan Tertinggi

Mereka mungkin bukan hero terbaik untuk memenangkan pertandingan. Beberapa hero ini bahkan jarang dipilih, tetapi terbukti menjadi salah satu hero paling efektif selama M2. Berikut ini adalah 3 hero dengan tingkat kemenangan tertinggi, dimana hero tersebut dipilih minimal 10 kali.

Claude

Claude adalah hero tersukses di seluruh M2 karena alasan keunggulan saat late game. Dengan tingkat kemenangan 71 persen, Claude terpilih sebanyak 31 kali, dengan total 22 kemenangan. Faktanya, rasio kemenangan itu tepat di bawah rasio kemenangan Diggie, Rafaela, Balmond, dan Uranus, tetapi semuanya dimainkan kurang dari 5 kali.

Tidak seperti Marksman atau Assassin lainnya, Claude sejauh ini adalah hero late game terkuat selama kalian bisa menjaga stack-nya tetap hidup. Karena itu, Claude membutuhkan penguasaan pengetahuan yang hebat untuk tidak hanya mempertahankan stack, tetapi juga mengatur waktu Ultimate-nya dengan sempurna.

Skill Pasifnya, Battle Side-By-Side, memberikan Claude keunggulan di atas semua Marksman dan Assassin lainnya, yang semakin memperkuat hero tersebut terutama saat menghadapi core musuh dengan set item yang lengkap.

Singkatnya, Claude's Passive seperti item bonus yang memungkinkannya menjadi pemain late game yang lebih baik. Artinya, saat core musuh memiliki maksimal 6 item, Claude secara virtual memiliki 7 item plus 10 stack Passive miliknya.

Claude tentu saja serba bisa dalam hal memilih antara menjadi Hyper Core atau Sidelaner, tetapi semuanya bermuara pada yang dibuat oleh Hyper Core dan Gold Laner oleh tim musuh. Pemain seperti Bren Esports ’Karltzy, Burmese Ghouls’ ACE, dan RRQ Hoshi's XINNN telah menampilkan permainan yang luar biasa dengan Claude selama M2.

Di sisi lain, Assassin Emblem bersama dengan talent Killing Spree adalah standar untuk lane di mana Claude ditempatkan. Jika tidak, Support Emblem bisa menjadi penggantinya untuk memberikan Regenerasi Mana yang lebih besar untuk Gold Laner Claude.

Atlas

Atlas membuat comeback tak terduga dalam M2 dan lebih sering digunakan selama tahap Playoff turnamen. Ocean Gladiator dipilih 10 kali, dibanned 9 kali, dan memiliki tingkat kemenangan 70 persen.

Tingkat kemenangan itu karena Skill Ultimate Atlas yang mengubah permainan yang bisa menjadi kunci untuk memenangkan pertarungan besar.

Dalam META ini, Atlas agak mengecewakan dalam hal menyerang Jungle musuh (sebuah praktik yang masih terus dilakukan banyak pemain hingga hari ini). Namun hero ini tetap menjadi pilihan yang menghibur bagi beberapa pemain M2 yang berpartisipasi, seperti MayBe Burmese Ghouls dan Lusty Bren Esports.

Mereka berdua mengeksekusi gaya permainan Atlas dengan sempurna dan mengamankan banyak kemenangan dengan hero ini.

Support Emblem cocok dengan hero ini, memberikan Cooldown Reduction ekstra dan selanjutnya memungkinkan Atlas untuk melakukan spam Skill Ultimate-nya. Fleeting Time wajib dipunyai untuk mengurangi Skill Ultimate-nya, Fatal Links.

Alice

Tidak seperti Atlas, Alice telah menjadi favorit di kalangan pemain profesional sejak MPLI Musim 2 dan banyak tim mulai memanfaatkannya sebagai Offlaner sejak saat itu. Bermain 19 kali di M2, Alice mencapai tingkat kemenangan 68 persen.

Di early game, Alice tidak sekuat sampai dia mendapatkan Enchanted Talisman. Dengan satu item itu, dia dapat dengan mudah menghancurkan setiap gelombang minion secara efisien dan memperoleh Regenerasi HP dengan melakukannya.

Seperti Yu Zhong dan Esmeralda, Alice tidak tampil bagus melawan hero Marksman selama fase laning. Tapi begitu dia mendapatkan Skill Ultimate-nya, dia benar-benar bisa mendominasi lane.

Meski tidak bisa membunuh Marksman tim musuh dengan mudah, dia bisa terbang dengan cepat menggunakan skill pertamanya dan menghindari gank.

Pemain penting Alice termasuk Bren Esports ’Ribo dan RRQ Hoshi’s Wizzking, keduanya dapat memanfaatkan pahlawan di Gold Lane atau Experience Lane.

Ketika sampai pada Emblem pilihan, Mage atau Support Emblem bisa berguna. Demon Shoes dan Enchanted Talisman diperlukan untuk rotasi dan stage awal Alice.(*)

 
Related Articles
Esports
MPL ID Season 7 Siap Bergulir, Siapa Saja Tim Kandidat Juara?

Esports
Efektif! Ini 5 Hero yang Bisa Jadi Counter Eudora di Meta Sekarang

Esports
Item Ini Bisa Bikin X-Borg Jadi Core di Mobile Legends