Tech

Facebook Rilis Aplikasi BARS, Mirip TikTok tapi Khusus buat Rapper

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 28th 2021

(Foto: Facebook)

Facebook sepertinya masih belum menyerah untuk meniru fitur-fitur milik aplikasi saingan. Setelah gagal dengan aplikasi video serupa TikTok yang bernama Lasso, kini perusahaan satu ini kembali mencoba peruntungan dengan BARS. Masih aplikasi video singkat, namun khusus untuk rapper. Unik juga.

BARS memungkinkan rapper untuk menulis lirik rap mereka di aplikasi dengan mudah. Setiap menulis lirik, aplikasi ini otomatis menyarankan kata yang memiliki rima yang sama dengan kata yang kita pakai.

Setelah lirik selesai, pengguna bisa langsung merekam audio dengan ratusan pilihan beat profesional. Durasi maksmalnya 60 detik, namanya juga aplikasi video singkat. Nggak hanya itu, video yang tadi sudah direkam juga bisa ditambahkan efek suara (bahkan ada fitur auto-tune) atau video. Kalau sudah, bisa diunggah atau disimpan ke ponsel buat dibagikan ke platform lain. Well, memang mirip aplikasi sebelah sih~

(Foto: Facebook)

Susunan aplikasinya terbagi jadi dua, featured dan new (bikin ingat sama TikTok yang terbagi jadi following sama for you). Tombol untuk berinteraksi dengan video (likes diganti dengan simbol api dan komentar) juga ada di bagian kanan bawah video. Buat profil pembuat konten ada di bawah bagian kiri.

Sayangnya aplikasi ini masih hanya tersedia untuk perangkat iOS. Itu pun masih belum berfungsi sepenuhnya. Pengguna yang tertarik hanya bisa mendaftarkan username dan masuk ke daftar antrean untuk mencoba BARS. Kalau aplikasinya sudah siap, bakal muncul notifikasi untuk pendaftar.

Saat mendaftar, bakal ada pilihan level rap yang bisa dilakukan, mulai dari pemula sampai advanced. Ini untuk memunculkan mode freestyle bagi yang sudah ahli. Mode ini bakal memberikan delapan kata acak untuk dibuat jadi lirik rap 16 bar.

Nah, buat kamu yang memang suka nge-rap, tertarik gak nih buat coba aplikasi satu ini? Tenang, semua karya yang kamu unggah di BARS akan tetap jadi milik kalian, bukan milik platform. Kalau pengin coba, cek Instagram @getbarsapp untuk informasi lebih detail.

Di luar itu, aplikasi serupa TikTok milik SnapchatSpotlight, sukses merebut 100 juta pengguna hanya dalam dua bulan. Kebalikan dengan Reels buatan Instagram yang akui kalau TikTok masih jauh berada di depan. (*)

Related Articles
Tech
Ingin Saingi TikTok, Facebook Rilis Aplikasi Video Singkat "Collab"

Tech
Salip Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh Sepanjang 2020

Tech
Dapat Trauma Psikologis, Mantan Moderator Konten Gugat TikTok