Hobi

Suka Jujutsu Kaisen? 4 Anime Ini Mungkin Cocok Untukmu!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 26th 2021

Jujutsu Kaisen mendapat tempat di hati banyak penggemar manga dan anime shonen. Banyak yang menyebutnya sebagai calon top 3 masa depan manga dan anime shonen, terutama setelah anime Jujutsu Kaisen menyabet penghargaan Anime of the Year dalam ajang Crunchyroll Anime Awards awal Februari lalu.

Disamping animenya, volume penjualan manga Jujutsu Kaisen juga mengalami pelonjakan drastis setelah popularitas animenya meningkat. Manga karangan Gege Akutami ini bercerita tentang Yuuji Itadori, seorang siswa SMA dengan kemampuan fisik luar biasa yang menjadi seorang penyihir jujutsu, alias exorcist dalam bahasa Inggris

Paduan genre supernatural-fantasi memang sudah sering dieksplorasi oleh mangaka lain sebelumnya, yang karyanya juga sukses meledak di pasaran. Beberapa manga tersebut diadaptasi ke dalam anime dan menarik minat banyak orang. 

Generasi Z yang menyukai Jujutsu Kaisen kemungkinan akan menyukai beberapa judul anime berikut yang juga mengadopsi genre yang sama. Apa saja anime tersebut? Berikut yang berhasil dirangkum Mainmain.id.

 

1. YU YU HAKUSHO

Yu Yu Hakusho adalah salah satu manga shonen pertama garapan Yoshihiro Togashi sebelum Hunter x Hunter. Anime Yu Yu Hakusho ditayangkan pada tahun 1992 di Jepang dan ditayangkan di TV7 Indonesia pada 2003.

Yu Yu Hakusho bercerita tentang Yusuke Urameshi, seorang berandalan 14 tahun yang mengorbankan nyawanya untuk menyelematkan seorang anak kecil dari kecelakaan mobil.

Tindakan Yusuke tersebut ternyata menarik perhatian Botan, seorang shinigami sekaligus detektif roh. Yusuke pun direkrut untuk bergabung ke dalam timnya untuk menginvestigasi aktivitas paranormal dan mengalahkan iblis-iblis jahat.

Kesamaan Yu Yu Hakusho dan Jujutsu Kaisen terdapat pada karakternya yang kuar, persahabatan karakter utamanya, musuh-musuh supernatural yang menakutkan dan adegan pertarungan yang mengagumkan. 

 

2. KIMETSU NO YAIBA

Kimetsu no Yaiba alias Demon Slayer tidak mungkin tidak termasuk di dalam daftar ini. Anime ini berlatar di Jepang awal abad ke-20 dan bercerita tentang Tanjiro Kamado, seorang pembasmi iblis yang memerangi Raja Iblis Muzan dan pasukannya yang mengancam kehidupan manusia.

Kimetsu no Yaiba memiliki unsur yang sama seperti Jujutsu Kaisen, seperti kutukan, adegan pertarungan epik, visual yang halus, serta adegan berdarah dan musuh supernatural yang menakutkan. Penggemar Jujutsu Kaisen kemungkinan akan menyukai Kimetsu no Yaiba.

 

3. SOUL EATER

Soul Eater memang bukan anime baru, tapi jika penggemar Jujutsu Kaisen ingin mengeksplorasi jenis tontonan baru, anime satu ini cukup layak untuk dipertimbangkan. Soul Eater ditulis oleh Atsushi Ohkubo, kreator Fire Force.

Soul Eater bercerita tentang Maka Albarn dan Soul Evans yang bertualang untuk mengalahkan dan menyantap jiwa-jiwa penasaran. Beberapa karakter utamanya memiliki kemampuan bertransmutasi menjadi senjata yang kuat, seperti Evans yang berubah menjadi senjata yang dipergunakan olehh Albarn.

Soul Eater memiliki plot yang cukup gelap dan mengeksplorasi perjuangan internal setiap karakternya. Sama seperti Itadori, Evans bernegosiasi dengan iblis di dalam dirinya agar dapat mengakses kekuatan penuhnya, sehingga dia dapat melindungi orang-orang yang dia sayangi.

 

4. DORORO

Dororo yang di-remake oleh Studio MAPPA pada 2019 lalu memiliki struktur yang mirip dengan Jujusu Kaisen, meski alur perkembangan ceritanya terbalik. Di saat Jujutsu Kaisen bercerita tentang iblis yang ingin memperoleh kembali tubuhnya dari manusia, Dororo justru bercerita tentang manusia yang ingin memperoleh kembali tubuhnya dari iblis.

Dororo berkisah tentang Hyakkimaru, seorang ronin yang hidup di Jepang abad ke-14 dan dijadikan tumbal iblis oleh ayahnya untuk mendapatkan kekuatan iblis. Hyakkimaru pun terlahir tanpa lengan, kaki, kulit ataupun panca indera. Untuk memperoleh kembali tubuhnya, Hyakkimaru pun melakukan perjalanan untuk membasmi satu per satu semua iblis yang hadir ke dunia ini karena tumbal anggota tubuhnya.

Ambience ceritanya yang dark serupa dengan Jujutsu Kaisen, serta memiliki adegan pertarungan yang epik dan mengagumkan berkat tangan dingin para animator MAPPA. (*)

 

Related Articles
Hobi
Aduh! Bi Onah Di ‘Sangsaka Lima’ Nggak Ngerti Serunya Main Basket Di Sekolah Nih

Hobi
Dantai, Anime Baru Garapan Idris Elba dan Istrinya Bareng Crunchyroll

Hobi
Benarkah Manga Haikyuu!! Bakal Segera Tamat?