Tech

Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Makin ramai aja nih fitur-fiturnya.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 26th 2021

(Foto: Twitter)

Twitter lagi produktif banget nih menghasilkan fitur-fitur baru. Sekarang media sosial satu ini bakal merilis tiga fitur baru yaitu Super Follows, Twitter Spaces, dan Twitter Communities.

Sepertinya media sosial satu ini lagi fokus bagaimana caranya bisa cari lebih banyak cuan dan pengin meningkatkan pengalaman berkomunitas di platform tersebut.

1. Super Follows

(Foto: Twitter)

Fitur mencari cuan ini sebenarnya sudah diperkirakan akan jadi kenyataan sejak awal Februari lalu. Namun, saat itu belum jelas dengan cara apa Twitter akan memungut bayaran dari penggunanya. Ternyata, media sosial memilih untuk menciptakan sistem anggota eksklusif bernama Super Follows.

Sesuai namanya, fitur ini bakal menciptakan status super buat pengguna yang berlangganan. Dari mock-up-nya, super followers bisa dapat twit bonus yang eksklusif, masuk ke grup khusus, surat kabar khusus subscriber, lencana suporter, dan promo khusus untuk produk dari kreator tersebut.

Super Follows bakal jadi fitur yang sangat membantu kreator untuk menerima penghasilan dari karya mereka. Biasanya kan kreator mengarahkan fans untuk memberi tip melalui platform seperti Patreon atau Karyakarsa.

Kalau Twitter menciptakan pembayaran langsung seperti ini, kreator gak perlu lagi ribet untuk mengelola banyak platform. Tapi, tentunya ada sedikit bagian dari pendapatan tersebut yang masuk ke kantong Twitter, walaupun belum jelas perhitungannya.

2. Twitter Communities

(Foto: Twitter)

Kalau biasanya berkomunitas di Twitter hanya mentok sampai di base-base tertentu, kini ada cara lebih proper nih. Dari mock-up yang diperkenalkan, komunitas ini terlihat seperti grup Facebook atau OpenChat di LINE. Pengguna dengan interest yang sama seperti pecinta tumbuhan, pemilik kucing, peselancar, sampai gerakan sosial tertentu bisa bersatu dalam sebuah grup.

Fitur grup memang sudah bisa dibuat di direct message Twitter. Bedanya, Communities memungkinkan anggota grup mengetwit di forum tersebut. Mirip kayak timeline Facebook gitu deh.

3. Twitter Spaces

(Foto: Twitter)

Tren buat bergabung di Clubhouse bareng para influencer dan membahas isu terkini memang lagi hits banget sekarang. Sebenarnya, Twitter sudah menguji coba fitur serupa sejak Desember 2020 lalu. Formatnya mirip banget sama aplikasi sebelah, sekumpulan orang berkumpul namun hanya berinteraksi melalui suara.

Tapi, Twitter Spaces memang masih belum resmi diperkenalkan buat publik. Hanya segelintir orang yang bisa mencoba fitur baru ini, seperti pengguna Twitter dengan nama @dinikopi. Dari tangkapan layar yang dibagikan, kita bisa gabung di sebuah Space melalui Fleets. Mirip kayak live Instagram gitu.

Di dalam ruangan tersebut, host adalah orang yang mengawali Space tersebut. Ada juga speakers, pengguna yang bisa berbicara di ruangan tersebut. Untuk jadi speaker, kita harus diundang sama host atau memilih status speaker ketika ingin bergabung di ruangan tersebut. Yang pasti ada listener, orang-orang yang hanya bisa mendengarkan percakapan. Tapi bisa memberi reaksi emoji kok.

Belum jelas kapan tiga fitur baru tersebut akan dirilis resmi oleh Twitter. Yang pasti, semua fitur tersebut pasti akan direalisasikan karena sudah diperkenalkan ke para investor perusahaan tersebut. Nah, kita tunggu aja deh update selanjutnya! (*)

Related Articles
Tech
Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun

Tech
Twitter Update Spaces, Hanya Bisa Diakses Akun dengan 600+ Pengikut

Tech
Twitter Uji Coba Fitur E-Commerce, Akun Bisnis Diharapkan Bisa Lebih Berkembang