Interest

Merasa Kesepian? Lakukan Hal Ini 10 Menit untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

Dwiwa

Posted on February 25th 2021

Kesepian bukan sesuatu yang mudah untuk diatasi. Terkadang dalam kondisi tertentu kita merasa begitu kesepian, dan merasa tidak ada apapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tetapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rasa kesepian berkurang.

Dilansir dari Bestlife, sebuah penelitian baru mengungkap jika rasa kesepian bisa diatasi hanya dalam beberapa menit saja. Penelitian ini dilakukan peneliti di Universitas Texas pada 240 peserta selama sebulan. Beberapa metodenya adalah menerima panggilan telepon dari relawan.

Laporan yang dipublikasikan di jurnal JAMA Psychiatry pada 23 Februari ini menemukan jika orang yang mendapatkan panggilan melaporkan rata-rata merasa 20 persen lebih sedikit kesepian. Data ini didapat setelah para peserta studi secara rutin melakukan panggilan sekitar 10 menit dua, hingga lima kali seminggu.

Penulis utama penelitian Maninder "Mini" Kahlon, PhD, mengatakan kepada CNN jika dalam penelitian ini ada relawan berumur 17 sampai 23 tahun yang dilatih menjadi penelpon. Relawan ini fokus pada keterampilan komunikasi empati. Seperti misalnya mendengarkan secara aktif dan bertanya. Salah satu aspek penting penelitian adalah para peserta diajarkan memimpin percakapan telepon. 

"Terkadang agenda pembicaraannya hanya tentang bagaimana mereka yang ditelpon merasa punya kendali," jelas profesor kesehatan populasi yang juga direktur eksekutif Factor Health di Dell Medical School di Universitas Texas itu.

Jadi, jika kalian merasa kesepian, Kahlon merekomendasikan agar kalian menghubungi keluarga atau teman. Tapi mereka harus kalian percaya tidak akan menghakimi. Mereka juga pastikan tertarik mendengarkan kalian, setidaknya dalam 10 menit.

Mengurangi rasa kesepian sangat penting dalam menjaga kesehatan mental. Meta analisis pada 2017 menunjukan, hampir 40 penelitian yang dipublikasikan di jurnal Public Health menemukan fakta bahwa ada bukti konsisten yang menghubungkan isolasi sosial dan kesepian. Dan itu berdampak buruk pada kesehatan mental.

Temuan dari Universitas Texas di atas tak hanya menemukan cara mengurangi kesepian. Tetapi juga mengurangi kecemasan dan depresi. Sebab dari hasil penelitian itu disebutkan metode di atas berhasil membuat kecemasan orang dewasa turun sampai 30 persen. Sementara jumlah yang mengalami depresi ringan turun hampir 24 persen di akhir penelitian.

Kesepian memang kerap terjadi selama pandemi Covid-19 ini. Sebab banyak orang lebih memilih sering di rumah dan meninggalkan hubungan sosialnya. Terutama seperti kalian yang punya pacar -maaf bagi yang jomblo- karena kini tak bebas lagi bertemu.

Jadi kalau merasa kesepian, segera ambil ponsel. Lakukan panggilan dengan orang terdekat. Jangan biarkan rasa kesepian menggerogoti kesehatan mental kalian.(*)

Related Articles
Lifestyle
Pelihara Anjing Terbukti Mendorong Kesehatan Mental Lebih Baik

Interest
TikTok Diduga Berperan dalam Peningkatan Tics Pada Gadis Remaja

Interest
Ini 6 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental yang Wajib Dicoba