Tech

Hal Ini Bisa Bikin Thailand Jadi Pemimpin Kendaraan Listrik di Asia Tenggara

Laili Fajry

Posted on February 24th 2021

Kalian yang pernah ke Bangkok, Thailand mungkin merasa kota itu tak jauh beda dengan Jakarta. Terutama soal macet dan polusinya. Eits, tapi mungkin tak lama lagi Thailand bakal berubah loh, guys. Bahkan mungkin bisa meninggalkan Indonesia dalam hal zero emisi.

Kok bisa? Nah itu terjadi karena Thailand lagi progresi banget bikin kebijakan terkait kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Yang terbaru, Badan Penanaman Modal Thailand baru saja menyetujui roll-out terkait seperangkat insentif untuk mempercepat perpindahan penggunaan kendaraan listrik. Tak hanya itu, Badan Penanaman Modal juga menyetujui investasi hingga 35,7 miliar bath (setara Rp 16 triliun).

Sekretaris Jenderal Dewan Investasi Thailand atau BOI, Duangjai Asawachintachit mengatakan Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-ocha telah menyetujui investasi untuk mendukung percepatan produksi kendaraan listrik dan rantai pasokannya.

Sebenarnya paket investasi untuk percepatan penerapan kendaraan listrik di Thailand sudah ada sejak lama. Namun masa berlakunya habis pada 2018.  Di dalam paket investasi itu ada berbagai jenis insentif yang bisa didapat oleh pelaku usaha yang berkaitan dengan kendaraan listrik.

Paket insentifnya sendiri dibagi dalam empat untuk kendaraan roda empat, kendaraan roda dua dan roda empat ke atas, kapal bertenaga listrik, serta suku cadang kendaraan listrik.

Industri yang bergerak di produksi kendaraan listrik -yang memenuh persyaratan- akan mendapatkan pembebasan pajak selama 3-8 tahun. Insentif yang tak kalah menarik adalah untuk produsen baterai kendaraan listrik. BOI menyetujui insentif tambahan untuk produksi modul baterai dan sel baterai untuk pasar lokal dengan memberikan pengurangan bea masuk sebesar 90 persen selama 2 tahun. Itu diberikan untuk impor bahan baku mentah atau penting, yang tidak tersedia di Thailand.

Keren kan? Jadi jangan heran kalau beberapa tahun lagi kalian ke Thailand naik Tuk Tuk semuanya sudah pakai tenaga listrik. Ya, sebab produksi kendaraan listrik di Thailand sangat dipermudah. Indonesia kapan ya? (*)

Related Articles
Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Agar Mobil Listrik Murah, Hyundai Jualan Tanpa Baterai. Gantinya Sistem Sewa