Tech

Instagram Dukung Penderita Gangguan Makan untuk Cari Bantuan Melalui Fitur Ini

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 23rd 2021


(Foto: Instagram)

Instagram berupaya mendukung penderita gangguan makan lewat fitur barunya. Setiap kita mencari konten dengan kata kunci yang berkaitan dengan eating disorder, akan muncul tawaran untuk mendapatkan bantuan. Dari sana, pengguna yang mungkin sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja bisa memilih langkah praktis yang bisa membantu mereka.

Sebelumnya Instagram memang mengaburkan hasil pencarian yang dinilai mengandung konten sensitif. Akan muncul pilihan untuk mengunjungi pusat bantuan krisis. Namun, sekarang dibuat juga pusat bantuan khusus untuk gangguan makan.


Contoh pencarian kata yang berkaitan dengan gangguan makan

Misalnya kita mencari kata-kata seperti anoreksia atau tagar #Edrecovery. Tawaran untuk membantu kondisi tersebut akan muncul. Kalau kita klik “Dapatkan Bantuan“, akan muncul tiga pilihan yang mengarahkan kita untuk bercerita dengan teman, berbicara dengan relawan saluran bantuan, dan temukan cara untuk mendukung diri.


Pilihan arahan untuk mendapatkan bantuan

Kalau kita klik pilihan pertama, akan muncul tulisan singkat untuk mendorong kita berbicara tentang kondisi yang dialami pada orang tepercaya.

Untuk pilihan kedua, kita akan ditawarkan untuk berbicara dengan relawan kesehatan mental dari Befrienders Worldwide. Sayangnya, kalau kita kunjungi web tersebut, belum ada layanan untuk negara Indonesia (kalau di negara seperti Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, dan Australia, akan muncul banyak pilihan organisasi relawan dan call center).


Layanan konsultasi yang terhubung sama Instagram, belum ada di Indonesia

Pilihan ketiga adalah kumpulan arahan singkat untuk menjaga kita tidak melakukan tindakan fatal ketika sedang tidak baik-baik saja. Arahannya cukup praktis dan bisa membantu di saat genting.


Salah satu arahan praktis di pusat bantuan Instagram

Nah, yang paling menarik dari fitur ini kan arahan konsultasi ke organisasi kesehatan mental. Karena organisasi yang bekerja sama dengan Instagram, Befrienders Worldwide, belum tersedia, kita bisa hubungi hotline layanan kesehatan jiwa secara manual.

Caranya mudah, tinggal telepon aja ke 119 extension 9. Melalui nomor tersebut, kita akan terhubung dengan layanan Sejiwa yang melayani konsultasi psikologis, edukasi, dan pendampingan untuk perempuan dan anak.

Selain itu, bisa juga mengunjungi web Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) di www.pdskji.org. Klik bagian “Konsultan” di bagian kanan atas, lalu ikuti alur pendaftaran untuk konsultasi. Lumayan panjang memang, tapi akan ditangani langsung oleh ahlinya.

Kalau butuh konsultasi langsung, coba unduh aplikasi SehatPedia. Aplikasi tersebut adalah layanan kesehatan dari Kementerian Kesehatan Indonesia. Kamu akan langsung terhubung dengan dokter terkait dan bisa konsultasi melalui chat. Layanannya gratis kok, tapi memang aplikasinya masih agak buggy dan user interface-nya masih perlu dikembangkan. Cek di sini buat rekomendasi aplikasi konseling daring lainnya.

Buat kamu yang sedang mengalami gangguan makan atau gangguan kesehatan mental lainnya, segera konsultasikan ya. Apalagi kalau gangguan tersebut sudah sangat memengaruhi kegiatan sehari-hari kalian. Mental health matters.(*)

Related Articles
Interest
Demi Lovato Curhat Soal Gangguan Makan dan Diet Ekstrim

Portrait
Becky G, Musisi Muda Inspiratif yang Vokal tentang Isu-isu Sosial

Lifestyle
Merasa Capek dan Jenuh, Padahal Aktivitas Berkurang? Itu Boreout, Bukan Burnout