Entertainment

Netflix Kini Bisa Unduh Otomatis Rekomendasi Film Sesuai Histori Penonton

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 23rd 2021

Demi menyesuaikan diri dengan kenyamanan pelanggannya, Netflix terus berinovasi dengan layanan streaming-nya. Kali ini mereka menambahhkan fitur baru bernama, Downloads for You. Fitur ini diperuntukan agar penonton Netflix bisa mengunduh tontonan favorit mereka secara otomatis ke perangkat ponsel masing-masing.

Saat pertama kali mengaktifkan fitur ini, pengguna Netflix dapat memilih jumlah kapasitas penampungan maksimal yang diperuntukkan untuk pengunduhan video. Ada pilihan 1GB, 3GB, hingga 5GB. Pengunduhan tersebut hanya akan terjadi jika perangkat ponsel terhubung ke Wi-Fi. Jadi tenang aja gak nyedot paket datamu. 

Netflix akan secara otomatis memilihkan tayangan yang sesuai dengan selera dan riwayat tontonan pengguna Netflix. Dari sana Netflix akan otomatis mengunduhkan beberapa episode film atau serial yang kalian tonton. Setelah menonton, pengguna Netflix dapat menghapus beberapa episode agar space ponsel kembali kosong.

Fitur baru ini akan terintegrasi dengan semua konten, bukan hanya konten video original Netflix. Meski demikian, akan ada penerapan batasan jumlah episode pada beberapa konten terkait lisensi penayangan.

Fitur terbaru ini adalah fitur tambahan dan bukan pengganti dari fitur Smart Downloads yang sudah ada sebelumnya. Sebagaimana diketahui, Netflix selama ini sudah punya fitur Smart Downloads yang memungkinkan pengguna dapat mengakses secara offline video, yang sebelumnya telah diunduh.

Fitur Downloads for You pertama kali diujicoba untuk serial You pada tahun 2020 lalu, dan kini telah diberlakukan pada semua pengguna Netflix via Android di seluruh dunia.

“Kami dengan bangga mempersebahkan Downloads for You. Semua orang yang memilih fitur ini akan dapat mengunduh konten secara otomatis ke perangkat mereka, dengan rekomendasi berdasarkan selera mereka masing-masing," ujar Patrick Flemming, kepala Product Innovation Netflix, dalam sebuah pernyataan.

“Kami ingin mempermudah penonton dalam menemukan serial dan film favorit mereka dengan lebih mudah, meski mereka tidak terhubung dengan internet," imbuhnya.(*)

Related Articles
Entertainment
Penulis 'Itaewon Class' Bakal Tambah Kejutan Scene yang Tak Ada di Webtoon

Entertainment
3 Lagu Kpop di 'To All The Boys: Always and Forever' yang Bikin Penasaran

Entertainment
'Avengers: Endgame', BTS dan 'Stranger Things' Gondol Piala Kids' Choice Awards!