Current Issues

CDC: Guru Mungkin Berperan Penting Dalam Penularan Covid-19 di Sekolah

Dwiwa

Posted on February 23rd 2021

 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada Senin (22/2) mengatakan jika guru mungkin berperan penting dalam penularan Covid-19 di sekolah. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di sekolah dasar (SD) di wilayah Georgia, Amerika.

Dilansir dari Reuters, penelitian di distrik Georgia dilakukan setelah ada klaim bahwa tidak ada penyebaran Covid-19 yang berasal dari sekolah. Ini didasarkan penelitian yang dilakukan di Wisconsin. Dengan begitu, pembelajaran secara langsung kemungkinan bisa segera dilaksanakan.

Namun, hasil berbeda didapatkan dari penelitian yang dilakukan di sekolah di Georgia. Peneliti menemukan sembilan klaster kasus Covid-19 yang melibatkan 13 pengajar dan 32 murid di enam sekolah dasar.

Dari jumlah tersebut, dua klaster melibatkan kemungkinan adanya penularan dari guru ke guru yang diikuti oleh penularan dari guru ke murid di kelas. Berdasar investigasi, penularan dari guru menyebabkan sekitar setengah dari 31 kasus yang berkaitan dengan sekolah.

Tetapi studi yang melibatkan sekitar 2.600 siswa dan 700 staf SD di wilayah Georgia ini memiliki beberapa keterbatasan termasuk kesulitan menentukan apakah penularan terjadi di sekolah atau di komunitas lokal.

Menurut CDC, membedakan antara dua jenis penularan ini sangat menantang ketika jumlah rata-rata kasus 7 hari per 100 ribu orang melebihi 150.

Karena itu, CDC mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik harus dipertimbangkan sebagai mitigasi tambahan saat tersedia, meskipun tidak diperlukan untuk membuka kembali sekolah. (*)

Related Articles
Current Issues
Beda Dengan Flu, Covid-19 5 Kali Lebih Mematikan Bagi Pasien yang Dirawat di RS

Current Issues
Jika Sekolah Buka, CDC Sarankan Jendela Dibuka Agar Turunkan Penularan Covid-19

Current Issues
Hati-Hati, Covid-19 Mudah Menyebar di Keluarga