Sport

Persebaya Pastikan Tanpa Pemain Asing di Piala Menpora 2021

Mainmain.id

Posted on February 23rd 2021

Persebaya akhirnya mengambil opsi tanpa pemain asing. Bajol ijo bakal tampil pada Piala Menpora 2021 dengan materi full lokal. Keputusan tersebut diambil setelah manajemen bertemu dengan jajaran tim pelatih di Surabaya kemarin (22/2).

Pertemuan yang dipimpin Manajer Candra Wahyudi itu diikuti pelatih Aji Santoso dan tiga asistennya. Yakni, Mustaqim, Bejo Sugiantoro, dan Uston Nawawi. ”Kami bersepakat untuk memaksimalkan skuad lokal yang ada. Tanpa pemain asing di Piala Menpora nanti,” terang Candra.

Candra menegaskan, keputusan itu tidak berarti Persebaya tidak butuh. Dari sisi teknis, ungkapnya, tim pelatih telah menyampaikan kebutuhan akan pemain asing. Hanya, untuk penampilan di Piala Menpora nanti belum memungkinkan. ”Secara teknis, Persebaya butuh. Semua tahu, empat pemain asing kami musim lalu sudah pindah. Tetapi untuk Piala Menpora masih belum memungkinkan,” ujarnya. 

Rumitnya mekanisme mendatangkan pemain asing di masa pandemi menjadi salah satu pertimbangan. Masukan dari PSSI dan LIB, untuk kehadiran pemain asing, klub disarankan mendatangkan pemain yang sudah memiliki kitas. Terutama yang saat ini sudah berada di Indonesia. Jika sang pemain berada di luar Indonesia, ada sederet prosedur kesehatan yang harus dipenuhi. Salah satunya menjalani karantina selama 14 hari. 

Bagi pemain yang baru akan didatangkan, prosedurnya bakal makin panjang. Surat izin dari satgas Covid-19 dan beberapa instansi harus dikantongi. Mungkin saja bisa datang ke Indonesia. Tetapi cukup memakan waktu. ”Apalagi, PSSI dan LIB tidak menjamin bahwa kompetisi akan bisa dijalankan Juni mendatang. Semua masih bergantung kelancaran turnamen ini. Jadi, kami putuskan tidak datangkan pemain asing. Nanti kalau setelah ada kepastian kompetisi, baru kami akan penuhi kuota pemain asing tersebut,” bebernya.

Pelatih Aji Santoso siap menjalankan keputusan tersebut. Baginya, tanpa pemain asing tidak masalah. Ia akan mengoptimalkan skuad lokal yang ada. ”Nanti kita optimalkan skuad yang kita miliki. Tidak ada masalah,” tegasnya.

Tak hanya itu, Piala Menpora nanti juga dipakai Aji untuk mengorbitkan pemain muda. Di skuad saat ini, Aji memiliki sederet pemain muda. Di antaranya, Rizky Ridho, KokoAri Araya, M. Kemaludin, Zulifika, Supriadi, dan Ernando. Juga, tiga pemain muda yang masih fresh. Andhika Ramadhani (kiper), Dicky Setiawan, dan Akbar Firmansyah. ”Ini kesempatan mereka untuk unjuk penampilan. Sekaligus mematangkan mental dan skill,” jelasnya.  

Aji menyadari bahwa waktu untuk persiapan tim memang cukup mepet. Sebab, semua pemain harus menjalani latihan sebelum tanggal 20 Maret mendatang. Namun, Aji tak ingin banyak mengeluh soal jadwal. Menurutnya, kehadiran turnamen pramusim sendiri bak oase di tengah gersangnya kompetisi sepak bola nasional.

"Saat ini kita berbicara bukan soal masalah waktu cukup atau tidak cukup ya. Tapi yang terpenting dengan situasi yang sedikit darurat, artinya selama ini cukup susah mendapatkan izin dan sekarang sudah serta waktunya mepet untuk persiapan pramusim," ujar Aji. (Harian Disway)

 

Konten ini diproduksi Harian Disway, Mainmain.id partner 

Related Articles
Sport
Bereskan Kontrak, Awal Maret Persebaya Sudah Mulai Latihan Bersama

Sport
Musim Berakhir, ini Peraih Penghargaan Shopee Liga 1 2019

Sport
Pesan Para Pemain Liga 1 untuk Para Fansnya