Tech

Cruise Bakal Bangun Stasiun Pengisian Listrik Terbesar di Amerika Utara

Jingga Irawan

Posted on February 23rd 2021

Future Car

Pengembang kendaraan otonom yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh General Motors, Cruise LLC, mengajukan proposal proyek ke Kota San Fransisco untuk membangun salah satu stasiun pengisian kendaraan listrik (EV charging) terbesar di wilayah Amerika Utara.

Stasiun pengisian daya listrik akan dibangun di salah satu titik di San Francisco Central Waterfront yang terletak di sisi timur pusat kota. Dilansir dari Future Car pada Selasa (23/2), Cruise berambisi untuk menyelesaikan proyek tersebut paling lambat pada tahun 2022.

Sebanyak 50 stasiun pengisian kendaraan otonom luar ruangan bakal dibangun oleh Cruise. Jumlah ini nantinya bisa berkembang dua kali lipat. Menurut Cruise, tujuan pembangunan EV charging yang besar tersebut untuk menciptakan alternatif transportasi yang andal dan berkelanjutan bagi penduduk San Fransisco maupun AS.

“Hari ini, saya senang berbagi dengan Anda bahwa Cruise mengajukan aplikasi proyek untuk membangun salah satu stasiun pengisian kendaraan listrik terbesar di Amerika Utara untuk membantu memberi daya pada masa depan yang serba listrik, bersama, tanpa emisi," tulis Robert Grant, Senior Wakil Presiden Urusan Pemerintah dan Dampak Sosial di Cruise dalam blog resmi.

Cruise menyadari kalau penciptaan EV secara besar-besaran tanpa dilengkapi dengan pengembangan fasilitas, tentu akan menjadikan cita-cita zero emission-nya tidak maksimal. Agar EV -terutama Cruise- tumbuh sebagai solusi perubaan iklim, maka perusahaan harus turut berperan mengatasi krisis fasilitas pengembangan kendaraan listrik.

Sebuah studi oleh Dewan Internasional untuk Transportasi Bersih (ICCT) menunjukkan bahwa hampir 90 persen kota di AS memiliki kekurangan infrastruktur yang memadai untuk EV charging. Padahal, EV charging diperlukan untuk memenuhi penggunaan kendaraan listrik dalam skala besar.

Pekan lalu, Cruise memperkenalkan "Clean Mile Challenge”. Inisiatif tersebut menyerukan kepada perusahaan kendaraan otonom lain untuk berkomitmen mengembangkan kendaraan energi terbarukan. Inisiatif ini memerlukan tindakan masif, investasi, dan dukungan untuk membangun infrastruktur pengisian daya listrik yang dibutuhkan perusahaan demi solusi permasalahan iklim.

Cruise juga berencana untuk bekerja sama dengan komunitas, pedagang, dan pemerintah San Francisco untuk membuat EV charging bersama. Nantinya, sebagian dari infrastruktur pengisian EV charging bakal dibuka untuk umum. (*)

 

Related Articles
Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
GM Luncurkan 2022 Bolt EUV, Berfitur Super Cruise tapi Harganya Murah