Esports

Kejutan! Genesis Gank Gids Juarai PMCO Spring Split 2021

Dika Afandi N

Posted on February 22nd 2021

Di luar dugaan, Grand Final PUBG Mobile Club Open (PMCO) Spring Split 2021 melahirkan juara baru. Acara yang berlangsung Sabtu (20/2) dan berakhir Minggu (21/2) malam itu melahirkan juara baru. Tim kuda hitam yang sebelumnya tak terlalu diunggulkan, berhasil merebut gelar juara.

Tim itu adalah Genesis Gank Gids. Mereka berhasil mengkandaskan asa tim-tim yang dihuni sejumlah bintang esports, termasuk 21 Esports. Tim ini lahir dari sebuah komunitas. Di Grand Final PMCO Spring Split 2021, Genesis Gank Gids berhasil setelah memuncaki final leaderboard dengan mengoleksi 2 Winner Winner Chicken Dinner (WWCD). Mereka menorehkan 180 poin.

Prestasi tim asal Manado ini mulai moncer sejak 2020 lalu. Mereka sempat menjadi runner up turnamen resmi PCC Winter Battlegrounds 2021. Lalu, menjadi juara dalam turnamen HyperX Elite Cup. Keberhasilan menjadi juara PMCO Spring Split 2021, membuat Genesis Gank Gids langsung mendapatkan tawaran sejumlah tim. Namun mereka memutuskan tetap bersama manajemen Genesis Dogma.

Sementara itu, runner up PMCO Spring Split 2021 diraih 69 Esports. Tim ini terpaut 59 poin dari pemuncak leaderboard. 69 Esports juga memperoleh 2 kali WWCD. Di tempat ketiga ada Voin 2K dengan mencatat catatan 111 poin dan 1 kali WWCD. Ketiga tim tersebut berhak lolos ke PUBG Mobile Professional League (PMPL) Indonesia Season 3. Plus, 21 Esports yang juga berhasil lolos ke PMPL Season 3 karena menempati posisi 4 final leaderboard. Tim bertabur bintang itu mengoleksi 3 WWCD dan torehan 109 poin.

Sebenarnya banyak yang memfavoritkan 21 Esports sebagai juara PMCO Spring Split 2021. Sebab, tim asal Kalimantan Selatan tersebut memiliki deretan pemain bintang, yang diimpor langsung dari tim-tim besar. Sebut saja Andiray "Foxee" Tjiutra dari Evos Esports, Muhammad "BoonK" Rizky dari RRQ Ryu, Sandy "Jughead" Saputra dari Victim Esports dan Susilo "Banyu" Putra yang juga dari Victim Esports. Sayangnya, mereka malah tersandung oleh tim kuda hitam seperti Genesis Gank Gids.

Selain gelar juara, Genesis Gank Gids juga berhak mendapatkan hadiah berupa uang senilai 3.900 dolar Amerika Serikat (setara Rp 54 juta). Sementara itu, tim runner up 69 Esports mendapatkan 2.300 dolar AS. Voin 2K yang menjadi juara ketiga meraih 1.900 dolar AS. Dan, 21 Esports yang berada di peringkat keempat mendapatkan 1.600 dolar AS.

Dalam Grand Final PMCO Spring Split 2021 kemarin, panitia terpaksa mendiskualifikasi Grimz G2 karena melakukan pemalsuan data pemain di bawah umur. Pihak penyelenggara PMCO Spring Split 2021 -yang tak lain merupakan developer PUBG Mobile- Tencent menyebut data pemain yang diberikan ternyata berbeda dengan aslinya. Pemain yang datanya dipalsukan itu adalah "GRIMZxZiroG2".

Sanksi yang diberikan Tencent cukup berat. Bukan sekedar diskualifikasi dari PMCO Spring Split 2021. Tapi, Grimz G2 juga dikenai hukuman tidak boleh berkecimpung di turnamen resmi Tencent. Pihak Grimz G2 sendiri telah meminta maaf ke penyelenggara lewat akun Instagram-nya.(*)

 

Related Articles
Esports
36 Tim Siap Saling Hajar di Fase Penyisihan Grup PMCO Spring Split 2021

Esports
16 Tim Lolos ke Grand Final PMCO Spring Split 2021

Esports
Setelah Hengkang dari Evos Esports, "Foxee" Resmi Gabung 21 Esports