Tech

Polydrops Rancang Travel Trailer Khusus untuk Mobil Listrik

Jingga Irawan

Posted on February 22nd 2021

Foto: Polydrops

Electric Vehicle (EV) ibarat magnet bagi semua sektor industri di dunia. Baru-baru ini pembuat travel trailer atau Recreation Vehicle (RV) asal California, Polydrops, meluncurkan produk yang diberi nama P17A.

Dikutip dari Bussiness Insider, Senin (22/12), Polydrops menyebut produk tersebut merupakan sebuah travel trailer yang dirancang khusus agar dapat ditarik oleh kendaraan listrik seperti Tesla.

Polydrops selalu dikenal dengan desain trailer yang berbentuk unik dan tampak futuristik. Dan hal ini pula yang mereka terapkan pada model P17A-nya. Ruangan yang dibangun di atas roda P17A itu mirip pesawat ruang angkasa yang sedang menyusuri jalanan di Bumi.

Travel trailer Polydrops pertama dirancang pada 2017. Tapi baru diluncurkan dua tahun kemudian. Ruangan berjalannya bisa digunakan dalam beberapa model kendaraan. Namun, menurut perusahaan, P17A adalah trailer perjalanan pertama di pasar yang ditujukan secara spesifik untuk sebuah EV. Bahkan, produk ini telah diuji menggunakan Tesla Model 3 keluaran 2018.

"Kami mendapatkan banyak sekali email melalui situs kami. Kami telah menjual ke pelanggan lokal bahkan sebelum kami meluncurkan produk secara resmi, dan salah satu dari mereka membelinya hanya dengan gambar rendering 3D," kata Kyunghyun Lew, pendiri Polydrop, kepada Bussiness Insider dalam sebuah wawancara.

Untuk strukturnya, P17A menggunakan inti busa serta aluminium. Trailer ini memiliki baterai yang terintegrasi dengan lantainya. Baterai ini kemudian dapat memasok energi antara 2,4 hingga 12 kilowatt/jam. Sistem baterai ini juga dilengkapi panel surya, yang dapat memasok energi matahari antara 260 hingga 520 watt.

Jika pengguna ingin meningkatkan fitur daya energi, panel surya, bahkan menyertakan speaker bluetooth, tentu ada biaya tambahan yang harus dibayarkan. Baterai 2,4 kilowatt per jam dapat ditingkatkan menjadi 4,8 atau 12 kilowatt per jam masing-masing seharga USD 2.000 atau USD 8.000. Demikian pula, panel surya 260 watt dapat ditingkatkan menjadi 520 watt dengan tambahan USD 800.

Trailer itu memiliki panjang sekitar 4,1 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,6 meter. Lebar interiornya pun berukuran lebih besar dari model trailer Polydrops sebelumnya. Hal ini memungkinkan setiap unit untuk memuat tempat tidur ukuran penuh. Selain itu, trailer ini dapat memiliki fasilitas seperti AC.

Bagi kalian yang suka masak, travel trailer ini dapat menyediakan add-on untuk dapur, tentunya dengan harga tambahan. Harga yang ditawarkan untuk satu unit berkisar USD 24.490 – USD 36.140 atau sekitar Rp 345 juta - Rp 510 juta, lengkap dengan berbagai fitur standar di dalamnya. 

Keputusan Polydrops menjalankan seluruh sistem HVAC (Heating, Ventilation, dan Air Conditioning) menggunakan tenaga baterai karena terinspirasi dari saran pelanggan. Terutama dari para pengemudi Tesla. Menurut perusahaan, P17A adalah produk Polydrops paling canggih yang dilengkapi dengan sistem kontrol suhu dan struktur berinsulasi, sehingga tahan terhadap cuaca.(*)

Related Articles
Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Tesla Turunkan Harga Jual Model Y untuk Tarik Pembeli Selama Pandemi

Tech
Kenalin Lucid Motors, Pesaing Tesla yang Dikembangkan Mantan Anak Buah Elon Musk