Tech

Ada 50 Fitur Baru Bagi Siswa dan Guru di Google Classroom dan GMeet

Dwiwa

Posted on February 21st 2021


(Google)

Raksasa pencarian internet Google baru saja mengumumkan fitur baru yang dapat membantu guru dan murid dalam menjalani proses belajar mengajar secara online. Dalam sebuah unggahan, perusahaan tersebut mengatakan telah menambahkan 50 fitur baru ke Google Classroom dan GMeet.

Dilansir dari Gadgets Now, berikut beberapa fitur tambahan utama yang bisa kalian gunakan.

1. Mode offline di Aplikasi Classroom Android

Google telah menambahkan dukungan offline ke aplikasi Classroom Android. Dengan begitu, siswa dapat meninjau tugasnya, membuka lampiran Drive, dan menulis tugas di Google Docs meskipun sedang offline.

2. Pelacakan keterlibatan siswa

Dengan fitur ini, guru dapat melihat statistik yang relevan tentang bagaimana siswa berinteraksi di Classroom. Ini termasuk kemampuan untuk melacak siswa mana yang sudah mengirimkan tugas atau mengomentari postingan di hari tertentu.

3. Membuat berbagi foto dan tugas lebih mudah

Aplikasi Android Classroom memungkinkan siswa mengkombinasikan foto tugas menjadi sebuah dokumen untuk memudahkan pengiriman. Lebih lanjut aplikasi akan memungkinkan mereka memotong atau memutar gambar dan menyesuaikan pencahayaan sebelum dikirim.

4. Pengajar memiliki pilihan untuk mematikan panggilan Meet untuk semua orang

Guru akan mendapatkan opsi mengakhiri kelas untuk semua orang yang bergabung dalam panggilan. Ini bertujuan untuk mencegah siswa tetap tinggal setelah guru keluar.

5. Guru memiliki pilihan melakukan mute ke semua orang selama kelas di GMeet

Guru bisa melakukan mute kepada semua peserta sekaligus dan memutuskan apakah siswa bisa unmute diri sendiri atau tidak.

6. Menambahkan alat EdTech tanpa login baru

Google mengijinkan guru yang menggunakan Education Plus atau Teaching and Learning Upgrade untuk menambahkan peralatan dan konten pihak ketiga secara langsung ke antarmuka Google Classroom.

7. Mendukung untuk lebih dari satu moderator

Kelas akan segera mendukung banyak penyelenggara, yang diklaim Google akan mempermudah untuk bermitra dengan pihak lain yang membantu memfasilirtasi kelas. Semua penyelenggara akan mendapat akses ke kontrol moderasi, sehingga mereka dapat berbagi beban mengelola siapa yang bisa bergabung, mengontrol, melakukan obrolan atau menampilkan layar mereka.

8. Fitur pendeteksi plagiarisme

Sebagai upaya untuk mendeteksi potensi plagiarisme, Google akan mengizinkan siswa menambahkan laporan asli dalam 15 bahasa termasuk Inggris, Spanyol, Portugis, Norwegia, Swedia, Perancis, Italia, Indonesia, Jepang, Finlandia, Jerman, Korea dan Denmark, Melayu dan Hindi.(*) 

Related Articles
Tech
Makin Canggih, Google Bakal Tambah Fitur Pendeteksi Gempa untuk Android

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya