Tech

Instagram Segera Rilis Fitur Live yang Bisa Sampai Empat Orang

Asyik, gak cuma bisa berdua lagi nih~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 21st 2021


(Mengandung gambar dari Twitter @MattNavarra)

Siapa nih yang kalau lagi gabut suka nge-live Instagram (walaupun yang nonton cuma sedikit)? Nah, ada kabar baik nih buat kalian yang suka nge-live. Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengungkapkan bahwa media sosial tersebut akan meluncurkan fitur siaran langsung yang bisa menghadirkan hingga empat akun sekaligus. Kan biasanya maksimal dua orang tuh.

Bocoran fitur tersebut disampaikan di acara A Little Late With Lily Singh. Mosseri berkata, “Kami sedang mengerjakan siaran langsung untuk grup—akhirnya. [...] Dalam beberapa minggu ke depan, tidak hanya satu orang lain yang bisa ditambahkan ke siaran langsung, melainkan sampai empat orang. Kami sangat antusias akan itu.“

Sepertinya maksud Mosseri adalah tiga orang lain bisa bergabung ke live sehingga totalnya adalah empat, bukan lima. Di gambar ilustrasinya, yang muncul juga empat orang yang saling berbicara dengan filter-filter unik khas Instagram.


(Foto: Twitter @MattNavarra)

Sebelumnya pada Desember 2020 lalu fitur ini sebenarnya sudah diuji coba di India dengan nama Live Rooms Alasannya mudah, negara tersebut lagi suka banget bikin video siaran langsung. Apalagi TikTok di negara tersebut diblokir, jadi peluang emas deh buat Instagram mendominasi pasar media sosial.

Kalau mundur lebih jauh lagi, fitur live berempat ini sudah tercetus sejak Maret 2020 lalu. Dilansir dari Social Media Today, kepala Instagram tersebut berkata akan mencari cara untuk membuat live bisa diikuti lebih dari satu orang lain dalam waktu yang sama (total dua orang).

Tapi, saat itu media sosial itu masih mempertimbangkan apakah itu fitur yang paling penting dikejar daripada meningkatkan stabilitas, menambahkan fitur lain, membuat siaran langsung tersedia juga di web, dan lain-lain.

Wah, asyik juga nih kalau siaran langsung Instagram bisa diikuti total empat orang. Bisa jadi penampilan musik jarak jauh bisa dibuat dengan fitur ini atau bisa juga jadi tempat ngobrol-ngobrol santai untuk diskusi (kayak Clubhouse yang lagi viral itu, tapi lebih merakyat karena bisa ditonton siapapun).

Sebenarnya kita sudah bisa video call di grup direct message sampai empat orang, tapi kan hanya bisa diikuti sama anggota grup aja. Kalau Live Rooms ini bisa ditonton publik deh.

Nah, buat kamu yang antusias sama fitur baru ini, sabar dulu deh. Namun, diperkirakan fitur asyik ini akan segera rilis dalam beberapa minggu ke depan kok!

Di luar itu, Instagram belakangan ini akan ambil tindakan lebih tegas untuk orang-orang yang melakukan pelecehan melalui pesan langsung. Fitur story juga sepertinya bakal berubah jadi vertikal nih, ala-ala TikTok gitu. (*)

Related Articles
Tech
Update! Instagram Hilangkan Limit Durasi Video Live, Plus, Bisa Diarsipkan

Tech
Instagram Rilis Fitur Cegah Misinformasi Pandemi, Diarahkan ke Situs Kredibel

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live