Interest

Ingin Terlihat Lebih Fotogenik? 11 Trik Ini Wajib Dicoba

Dwiwa

Posted on February 20th 2021

Pernah nggak kalian melihat sebuah foto di Instagram dengan pose yang terlihat begitu estetik dan berniat untuk menirunya? Tetapi saat sudah mencobanya, hasil yang didapat jauh dari kesan fotogenik. Bahkan mungkin jadi sebuah foto yang gagal.

Rasa kesal tentu langsung membuncah. Kita pun jadi merasa bahwa kita memang terlahir tidak sefotogenik para model maupun influencer dalam foto tersebut. Eits, jangan berkecil hati dulu.

Sebagian orang mungkin memang sudah secara alami fotogenik saat dipotret. Tetapi dengan trial dan error semua orang juga bisa loh mendapatkan hasil yang sama. Seperti dikutip dari Who What Wear, sudah bukan rahasia jika untuk menghasilkan foto menakjubkan hanya perlu mengetahui sudut yang tepat.

Setiap orang selalu memiliki sudut berbeda yang paling cocok untuk mereka saat difoto. Nah, jika saat ini belum tahu sudut mana yang paling membuat kalian terlihat fotogenik, beberapa trik ini wajib untuk dicoba.

Mulai dari memperhatikan sudut kamera hingga memposisikan tubuh secara strategis, berikut 11 cara yang akan membuat foto kalian jadi lebih fotogenik:

1. Hindari low angle
Menurunkan angle kadang memang menjadi pilihan yang keren, tetapi biasanya sulit untuk dieksekusi dengan baik. Posisikan kamera di atas garis mata. Secara umum, semakin tinggi angle kamera, semakin baik fotonya.

2. Letakkan tangan di pinggang
Setiap kali tangan kalian sedikit jauh dari tubuh, ini menambah daya tarik dari foto.

3. Duduk atau berdiri tegak
Memperhatikan postur tubuh saat mengambil gambar dapat membuat banyak perbedaan. Bahu turun dan membungkuk tidak akan membuat postur kalian jadi lebih tinggi. Sebaliknya, dorong bahu ke belakang dan berdirilah dengan punggung tegak. Ini mungkin terdengar konyol untuk mendramatisir postur yang baik, tetapi percayalah ini akan terlihat bagus di kamera.

4. Hindari pakaian yang tebal
Tentu saja kalian boleh memakai apapun yang disukai dan menunjukkan keunikan kalian di foto, tetapi pakaian tebal akan mengganggu bagian terbaik dari foto: kamu!. Pakaian yang tipis dan ringan, seperti sutra misalnya, adalah pilihan yang bagus untuk foto.

5. Putar sedikit posisi tubuh ke samping
Sekali lagi, berpose dengan cara yang unik menambah daya tarik foto. Sepenuhnya memutar tubuh ke samping atau hanya sedikit berputar bisa dilakukan.

6. Gunakan pakaian gelap
Kalian tidak perlu memakai pakaian cerah untuk menghasilkan foto yang memukau. Pakaian gelap juga bisa membuat foto kalian tampak luar biasa asal dipadupadankan dengan tepat.

7. Gunakan filter
Menggunakan filter Instagram yang lebih gelap seperti X-Pro II atau Mayfair, dan menyesuaikan ezposure dan filter cahaya dapat membuat gambar lebih fotogenik.

8. Angkat dagu
Trik ini akan membuat leher jadi terlihat lebih jenjang dan membantu menghindari angle dagu yang tidak menarik.

9. Tarik bahu ke belakang
Pose ini tidak hanya menonjolkan tulang selangka, tetapi juga akan membuat kalian jadi tampak lebih elegan.

10. Jangan menekan lengan terlalu kuat ke tubuh
Jaga tangan sedikit menjauh dari tubuh untuk mendapatkan jepretan yang lebih baik. Entah itu meletakkannya di pinggang, menyusupkan jari ke rambut, atau menjaga siku sedikit menjauh.

11. Eksperimen dengan selfie untuk menemukan angle terbaik
Jangan malu! Ini semua demi menemukan sudut yang tepat untuk foto kalian. Sedikit trial dan error akan membantu kalian menemukan angle terbaik di foto sehingga kalian tahu bagaimana untuk berdiri dan menghasilkan foto terbaik.

Gimana, mudah bukan? (*)

Artikel Terkait
Interest
Haluu, How Are You? Tempat Berburu Foto Paling Hits!

Tech
Instagram Tambah Banyak Fitur, Salah Satunya Bisa Posting Feed Lewat Desktop

Tech
Instagram Bakal Uji Coba Tampilan Foto Layar Penuh, Mirip Reels