Current Issues

Sempat Viral, Anjing Liar Berbulu Biru Ini Sudah Diamankan Aktivis Satwa

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 20th 2021

Baru-baru ini media sosial Rusia, VK, sempat dihebohkan oleh penampakan anjing liar berwarna biru yang berkeliaran di tengah salju. Foto-foto anjing berbulu biru tersebut diunggah oleh pengguna VK yang melintas di Kota Dzerhinsk, tepatnya di dekat sebuah pabrik kimia yang ditinggalkan, sekitar 230 mil dari Moskow.

Bukan hanya satu, tapi ada sebanyak 7 anjing berbulu biru yang diketahui berkeliaran di sekitar pabrik tersebut. Penampakan anjing-anjing ini pun menjadi semakin viral setelah warganet mengunggah gambar-gambarnya ke situs meme 9gag.

Meski tampak lucu, namun warganet sadar ada yang tidak beres dengan anjing tersebut. Beberapa orang cemas jika warna biru pada anjing-anjing tersebut kemungkinan disebabkan oleh paparan zat kimiawi berbahaya yang ada di pabrik bekas tersebut dan bisa saja membahayakan nyawa anjing-anjing itu.

Mantan manajer dari pabrik yang bangkrut tersebut mengatakan via RIA Novosti, kantor berita Rusia, jika pabrik itu dulunya memproduksi plexiglass dan asam hidrosianik.

Meski pabrik tersebut sudah ditutup enam tahun lalu, diketahui jika bangunannya masih menyimpan senyawa kimiawi seperti perunggu sulfat. Kemungkinan anjing-anjing liar tersebut bermain di bagian dalam pabrik tersebut dan tanpa sengaja membuat bulu mereka menjadi biru.

Aktivis hewan Rusia segera mengambil langkah penyelamatan ke tujuh anjing biru yang berhasil teridentifikasi. Mereka membawa ketujuh anjing tersebut ke dokter hewan.

Untungnya, ketujuh anjing tersebut tidak memiliki gejala sakit atau komplikasi apapun. Satu-satunya yang aneh hanya bulu mereka yang berwarna biru. Setelah ditampung, dua dari tujuh anjing itu pun kemudian menemukan rumah baru karena ada orang yang bersedia memelihara mereka.(*)

Related Articles
Current Issues
Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya Bocah WNI! Pentingnya Nasionalisme Kaum Muda

Current Issues
Apa itu Abusive Relationship dan Gaslighting?

Current Issues
Viral Challenge Minum 5 Liter Boba, ini Tanggapan Dokter