Current Issues

Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech Tak Lagi Perlu Disimpan di Suhu Ekstrem

Dwiwa

Posted on February 20th 2021


(AP Photo/Jae C. Hong)

Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech tidak lagi memiliki persyaratan transportasi yang ribet dan ekstrem dibanding saat pertama kali diluncurkan. Sebelumnya, vaksin berbasis mRNA ini harus disimpan dalam suhu antara -60 derajat Celcius dan -80 derajat Celcius dalam seluruh rantai transportasi.

Tetapi baru-baru ini, data stabilitas yang dikumpulkan Pfizer-BioNTech dan sudah diserahkan ke Food and Drug Administration (FDA) AS untuk ditinjau, memungkinkannya vaksin itu disimpan pada suhu antara -25 derajat Celcius dan -15 derajat Celcius. Kisaran suhu yang tersedia di freezer medis standar yang ada di sebagian besar klinik dan fasilitas perawatan.

Vaksin akan tetap stabil hingga dua minggu pada suhu tersebut. Hal ini tentu membuat vaksin jadi memiliki fleksibilitas lebih untuk distribusi dan penyimpanan jarak jauh. Sebagai upaya persiapan untuk diberikan kepada pasien.

Perkembangan ini hanyalah salah satu contoh bagaimana para ilmuwan masih terus mengembangkan vaksin. Meskipun mereka sudah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) di Amerika dan negara lain di dunia.

Pfizer-BioNTech sendiri mengatakan, mereka tengah bekerja untuk menurunkan persyaratan suhu penyimpanan lebih baik lagi. Sehingga berpotensi mendekati standar yang dibuat oleh vaksin Moderna.

Dengan adanya penurunan suhu penyimpanan dari Pfizer-BioNTech ini tentu menjadi kabar baik para distributor yang selama ini terkendala dengan tempat penyimpanan dingin yang ekstrem. Hambatan teknis penyimpanan selama ini menjadi penghalang bagi beberapa pihak yang mencoba membantu, tapi mereka tidak memiliki peralatan dan keahlian yang diperlukan untuk melakukannya secara efektif. 

Di sisi lain, hasil studi para peneliti Israel juga menemukan hanya satu suntikan -dari yang biasanya dua suntikan- vaksin Pfizer-BioNTech memiliki efektivitas 85 persen. Ini adalah perkembangan utama untuk program inokulasi global.(*)

Related Articles
Current Issues
Korea Utara Dilaporkan Berusaha Curi Teknologi Vaksin Covid-19 dari Pfizer

Current Issues
Kabar Baik! Setelah Pfizer, Vaksin Covid-19 dari Moderna Aman untuk Remaja

Current Issues
Tak Rasakan Efek Samping Usai Disuntik Bukan Berarti Vaksin Tidak Bekerja