Lifestyle

Kopi vs Minuman Berenergi, Mana yang Bikin Lebih Semangat?

Dwiwa

Posted on February 19th 2021

Minuman berenergi banyak dipilih orang untuk meningkatkan semangat saat sedang lelah bekerja. Jenis minuman ini sering dikonsumsi oleh orang-orang agar semangat kerja mereka bisa kembali atau bahkan meningkat lebih baik.

Tetapi, selain minuman berenergi ada alternatif lain loh yang bisa dijadikan penambah semangat. Dilansir dari Lifehack, ternyata kopi bisa dijadikan pengganti untuk menuman berenergi loh. Menurut Leon Ho, pendiri dan CEO Lifehack, jika bisa memilih jenis yang tepat dan diminum di waktu yang tepat, kopi bisa menjadi penambah energi yang baik untuk pikiran dan tubuh kalian.

Kedua jenis minuman ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Menurut para peneliti Harvard T.H Chan School of Public Health ada beberapa alasan mengapa mengonsumsi minuman berenergi tidak baik untuk kesehatan. 

Beberapa di antaranya adalah mengandung gula tinggi, dapat menyebabkan dehidrasi, insomnia, kecemasan, sakit kepala, kerusakan gigi, darah tinggi hingga memicu gagal ginjal. Selain itu, mengonsumsi minuman berenergi secara berlebihan juga bisa menyebabkan kecanduan.

Tetapi selain itu, National Center for Complementary and Integrative Health menyebut jika minuman ini juga bermanfaat. Misalnya saja untuk meningkatkan energi, menyumbang nutrisi penting seperti vitamin B, meningkatkan daya tahan, hingga kewaspadaan.

Sementara itu, kopi juga memiliki sisi baik dan sisi buruk. Sisi buruknya, kopi dapat menyebabkan kecemasan, gangguan tidur, meningkatkan tekanan darah, dan juga bisa menyebabkan kecanduan. Meski terdengar menyeramkan, namun pada kenyataannya jika kalian bisa memilih jenis kopi yang tepat dan minum di waktu yang tepat, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Apalagi, kopi juga telah terbukti memeiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Mulai dari mengandung berbagai nutrisi esensial, sumber anti oksidan, hingga meningkatkan fungsi otak dan metabolisme, melindungi dari penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Selain itu, kopi juga diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit hati, dan depresi serta memberikan dorongan energi fisik dan mental yang berkelanjutan.

Jika dibandingkan, baik keuntungan maupun kerugian dari kedua minuman tersebut, bisa dilihat jika kopi menjadi pilihan lebih baik. Dengan peralatan yang tepat, kopi bisa dibuat sendiri di rumah dengan biaya lebih hemat, membuatnya menjadi jenis minuman energi yang sempurna.

Salah satu kelebihan dari kopi dibanding minuman berenergi adalah kopi dapat memberikan dorongan energi berkelanjutan yang baik. Bahkan jika dibuat dengan tepat, tidak akan ada kelebihan gula atau pemanis buatan seperti yang kebanyakan dimiliki minuman berenergi.

Lalu kapan sebaiknya kopi ini diminum? Ternyata waktu minum kopi yang dianjurkan adalah di pagi hari. Hal ini dikarenakan kafein memiliki waktu paruh, waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan setengah kafein, sekitar 5 jam.

Ini berarti jika minum secangkir kopi pada pukul 6 sore, setengah dari kafein yang dikonsumsi masih ada di sistem metabolisme pada pukul 11 malam. Tentu ini akan memengaruhi kemampuan untuk tertidur dan terlelap secara nagtif.

Tetapi jika diminum di pagi hari, akan ada dorongan energi yang dibutuhkan sepanjang hari dan tetap bisa tidur nyenyak saat malam datang. Tetapi bagaimana jika setelah minum kopi justru malah membuat kita merasa lelah dan bukan semangat?

Jika itu terjadi, mungkin kalian meminum kopi dengan cara yang salah sehingga tidak bisa memberikan dorongan energi secara maksimal. Sebab, tidak semua orang tahu cara meminum kopi dengan benar. Lalu seperti apa cara yang benar?

1. Hanya minum kopi di pagi hari.

2. Dapatkan jumlah asupan kopi yang optimal tetapi tidak berlebihan.

3. Pilih jenis kopi light roast. Sebab, kandungan kafein terbanyak justru ada di dalam light roast, disusul medium roast, dan diikuti dark roast.

Jadi bagaimana, mau tetap setia dengan minuman berenergi atau mencoba menggantinya dengan kopi nih sebagai booster

Related Articles
Lifestyle
Coca-Cola Rilis Perpaduan Soda dan Kopi, Ekstra Kafein dengan Rasa yang Unik

Lifestyle
Suka Ngantuk? Coba Coffee Nap, Perpaduan Kopi dan Tidur Singkat Biar Produktif

Lifestyle
Virus Corona Mengubah Cara Kita Dalam Menikmati Kopi