Korea

5 Girl Group Kpop Ini Dikenal Punya Dance Paling Susah

Delima Pangaribuan

Posted on February 19th 2021

LOONA (YouTube)

Gerakan dance grup-grup Kpop dikenal sebagai salah satu dance yang paling indah sekaligus rumit. Agensi industri hiburan Kpop secara serius memikirkan konsep koreografi dan melatih para idol/trainee-nya supaya bisa menampilkan gerakan dengan sinkron dan rapi. Baik itu grup cowok atau cewek.

Malah, terkadang koreografi grup cewek lebih susah. Gak selamanya gerakan grup cowok lebih rumit karena kelihatan lebih enerjik. Melansir AllKpop, ada sejumlah gerakan dari lagu girl group yang terbilang memiliki kompleksitas tingkat tinggi. Siapa saja grup itu?

1. Girls' Generation
Grup yang dijuluki 'girl group nasional Korea' ini boleh dibilang legend. Mereka membuka jalan bagi junior-juniornya sehingga Kpop bisa dikenal luas di seluruh dunia. Hal itu bukan semata karena penampilan fisik aja, ya. Nyatanya, SNSD diakui pecinta Kpop seluruh dunia bahwa mereka memang berbakat dari segi vokal maupun koreografi. Beberapa lagu SNSD pun dirasa memiliki tingkat kesulitan tinggi. Antara lain Catch Me If You Can dan You Think.

2. LOONA
Semakin banyak member, biasanya koreografi sebuah grup juga semakin kompleks. Hal ini pula yang dialami LOONA. Dengan 12 member, mereka bisa menampilkan koreografi yang epic dan gak jarang juga susah banget buat diikuti. Sinkronisasi jadi kekuatan utama LOONA. Mereka juga dikenal punya ciri khas koreografi yang powerful banget.

3. ITZY
Grup dari generasi keempat ini patut diacungi jempol karena berhasil mencuri perhatian dengan koreografi mereka yang susah. Bahkan idol lain pun mengakui kalau gerakan tari dari lagu-lagu ITZY ikonik dan kompleks. Menariknya, para member pun membuat gerakan sesusah apa pun jadi kelihatan gampang. Gak heran kalau banyak yang baru menyadari koreografi ITZY ini susah setengah mati setelah mencoba mengikutinya.

4. GFRIEND
Dari generasi ketiga, ada nama GFRIEND yang masuk daftar. Memang sejak awal debut, mereka sudah dikenal unik karena konsep girly tapi enerjik. Ciri khas grup ini, gerakan mereka selalu detail-oriented dan menggambarkan lirik secara tepat. Gak cuma gerakannya yang susah, para member-nya pun dengan jago menguasai panggung. Mereka bahkan tetap menari dengan lincah meskipun koreonya bisa bikin kepleset sampe jatuh-jatuh.

5. TWICE
Meskipun mungkin gak seenerjik gerakan juniornya, ITZY, koreografi TWICE juga termasuk susah buat diikuti. Susahnya lebih karena ciri khas mereka yang mengalir dan lembut. Gerakan seperti ini juga susah karena harus detail, karena kalau gak, justru bakal kelihatan kayak dance yang lemes banget. Mereka berhasil membawakan konsep yang lembut dan elegan tanpa kehilangan power dari dance itu sendiri. (*)

 

Related Articles
Korea
Bukan BTS, Lagu LA DI DA yang Puncaki Daftar Lagu Terbaik K-Pop 2020 Billboard

Entertainment
Ranking Idol Januari 2020 Diumumkan, Jimin BTS Bertahan di Peringkat 1

Current Issues
Satu Lagi Idol K-Pop Rehat Karena Penyakit ini, Apa itu Anxiety Disorder?