Tech

Makin Canggih, Toilet di Jepang Bakal Punya Tombol Holografik

Dwiwa

Posted on February 18th 2021


(Ubergizmo)

Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Jepang, pasti tahu betapa canggihnya toilet yang ada di negara mereka. Bahkan nih, orang-orang dari luar Jepang yang baru pertama datang ke sana, suka bingung bagaimana menggunakannya karena dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Tetapi  tampaknya, kecanggihan yang sudah dimiliki ini masih belum cukup. Dilansir dari Ubergizmo, perusahaan Jepang Murakami Corporation tengah mempertimbangkan membuat toilet jadi lebih canggih lagi.

Apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Ada kekhawatiran tombol di toilet akan ditekan oleh banyak orang sehingga tidak lagi higienis.

Karena itu, alih-alih harus menekan tombol fisik setiap kali toilet digunakan, Murakami membuat panel holografik yang melayang di udara. Teknologi ini hasil kolaborasi dengan Parity Innovation.

Dengan menggunakan sensor infra merah untuk mendeteksi gerakan jari, teknologi canggih ini dapat menebak tombol mana yang coba ditekan dan akan mengaktifkan fitur tersebut.

Tentu saja teknologi canggih ini tidak hanya terbatas pada toilet. Namun bisa juga diterapkan di tempat lain yang digunakan oleh banyak orang seperti ATM, lift, dan lain sebagainya. Murakami berharap teknologi ini sudah bisa diterapkan dalam produksi massal pada 2022.(*)

Related Articles
Tech
Di Masa Depan, Hologram Mungkin Akan Gantikan Selebriti saat Konser Live

Tech
Vivo Hadirkan Teknologi Gimbal di Seri X50, Bikin Foto Gak Gampang Goyang

Tech
Ilmuwan Kembangkan Alat Pendeteksi Tsunami  Tercepat Berbasis AI