Tech

Ilmuwan Kembangkan Alat Pendeteksi Tsunami  Tercepat Berbasis AI

Dwiwa

Posted on February 18th 2021

Para ilmuwan telah menggunakan superkomputer tercepat di dunia untuk mengembangkan alat artificial intelligence (AI) yang dapat memprediksi banjir tsunami secara akurat.  Dilansir dari TNW, sistem ini dibuat oleh para peneliti di Jepang, salah satu negara dengan seismik paling aktif di dunia.

Jepang memang menjadi salah satu negara yang paling sering diterjang tsunami. Begitu seringnya fenomena alam ini terjadi, orang Jepang kemudian memberinya nama tsu yang berarti pelabuhan dan nami yang berarti gelombang.

Pada 2011, negara itu dilanda gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menyebabkan sekitar 20 ribu kematian. Peristiwa tragis ini mengungkap banyak kekurangan dalam metode prediksi tsunami Jepang. Model AI baru pun dirancang untuk memberikan pendekatan yang lebih efektif.

Awalnya, perancang sistem ini melakukan simulasi tsunami beresolusi tinggi di superkomputer Fugaku. Hasilnya ada 20 ribu kemungkinan. Data ini lantas digunakan untuk melatih AI memprediksi kondisi banjir sebelum tsunami menghantam daratan dengan cara menganalisis bentuk gelombang lepas pantai pada saat gempa bumi.

Model ini juga bisa berjalan di komputer biasa sehingga lebih mudah digunakan dalam sistem prediksi. Para peneliti menguji sistem ini pada tsunami teoritis di Teluk Tokyo. Mereka mengatakan itu menghasilkan prediksi yang sangat akurat dalam hitungan detik untuk berbagai skenario tsunami yang berbeda.

Diharapkan dengan menggunakan model tersebut akan mendapatkan data perkiraan banjir yang lebih akurat dan cepat. Hal ini dapat memberikan pengetahuan penting tentang dampak tsunami pada bangunan dan jalan di kawasan perkotaan pesisir.

Pada akhirnya, tim manajemen bencana akhirnya memiliki alat yang ampuh untuk merencanakan strategi mitigasi dan evakuasi bencana mereka. (*)

Related Articles
Tech
Microsoft Memperluas Jangkauan Xiaoice Mereka Hingga ke Indonesia

Tech
Program AI ini Dapat Menghasilkan Manga Persis Seperti Karya Osamu Tezuka!

Tech
Jepang akan Pekerjakan Tenaga Robot di Pusat Perbelanjaan FamilyMart