Tech

Dipercaya Bernama 'Snow Cone', Fitur Android 12 Ada Mode Game Khusus

Jingga Irawan

Posted on February 17th 2021

Google kabarnya tak lama lagi bakal merilis "developer preview" untuk Android 12. Dilansir dari Zdnet, Rabu (17/2) meskipun akan meluncurkan "developer preview" namun rilis operation system (OS)-nya sendiri baru akan dilakukan, Agustus mendatang. Kabarnya, nama untuk Android 12 ini tetap menggunakan nama dessert seperti para pendahulunya. Konon kali ini yang dipilih adalah "Snow Cone".

Selama ini proses pengembangan setiap versi baru Android memang dilakukan dalam beberapa tahap. Developer preview biasanya dirilis di awal tahun. Seperti halnya pada 2020 ketika Google merilis versi DP pertama dari Android 11. Saat itu dilakukan tepat pada 19 Februari. Jika Google mengikuti waktu yang sama, berarti dalam beberapa hari lagi kita bakal segera melihat Android 12.

Nah, untuk rilis resmi, Google biasanya memanfaatkan waktu menjelang akhir musim panas. Tepatnya setelah developer menyiapkan aplikasi mereka untuk API (Application Programming Interface) baru. API merupakan sebuah interface yang digunakan untuk menghubungkan satu aplikasi dengan lainnya. Setelah itu Google masih membutuhkan waktu penyempuranaan dan menghilangkan bug. Tahun lalu misalnya, Android 11 baru bisa dirilis secara resmi pada 8 September.

Sejauh ini info fitur dari Android 12  belum banyak diketahui publik. Biasanya Google bakal merahasiakan fitur baru yang dimilikinya sampai keluar versi developer preview. Hanya saja tersiar kabar bahwa sistem ini memiliki material NEX, mode satu tangan, sistem multitasking yang telah ditingkatkan. Serta tak ketinggalan akan ada juga mode game khusus.

Cara kerja sistem multitasking baru ini bakal melibatkan pembuatan pasangan aplikasi. Mirip fitur yang ada di Samsung Galaxy sekarang ini. Misalnya ketika pengguna membuka dua aplikasi yang sering mereka gunakan secara bersamaan dalam mode layar terpisah. Contohnya ketika pengguna mengatur Gmail dan Google Docs sebagai pasangan untuk ditampilkan bersamaan.

Sementara, mode game khusus juga dikabarkan hadir di Android 12. Menurut laporan XDA, di Android 12 akan ada Game Manager Client. Fitur ini membantu pengguna yang suka bermain game di-gadgetnya. Di dalamnya ada fitur-fitur seperti pengingat "don't disturb", mengubah kecerahan layar, dan menonaktifkan putar otomatis saat permainan dibuka.

Meskipun secara spesifik fitur masih belum diketahui secara lengkap, XDA Developers sudah membagikan beberapa screenshoot dari tampilan baru dari Android 12. Berdasarkan screenshot, tampilan baru yang paling menonjol adalah widget. Pengaturan widget di Android 12 jadi mirip iOS 14.


Bocoran tampilan Android 12.

Selain fitur, yang masih menjadi rahasia terkait Android 12 adalah penamaannya. XDA Developers sejauh ini hanya berani memberikan clue bahwa inisial nama Android 12 adalah "SC". Jika merujuk nama dessert yang paling mendekati di antaranya Snow Cone. Namun, beberapa penggemar Android percaya inisial itu merujuk pada Salted Caramel, Sponge Cake, atau Sugar Cookie. Kalau menurut kalian kira-kira apa namanya, gengs?(*)

Related Articles
Tech
Hadapi Gelombang Kedua Pandemi, Google Maps Layer Peta Covid-19

Tech
Seru! Google Tambahkan Banyak Hewan AR untuk Dilihat 3D di Aplikasi Mobile

Tech
Google Rilis ‘Hum To Search’, Bisa Cari Lagu via Senandung Nada atau Siulan