Tech

Memori Ponsel Penuh? 4 Coba Trik Sederhana Ini Sebelum Memutuskan Beli Baru

Dwiwa

Posted on February 17th 2021

Kehabisan ruang penyimpanan sering kali menjadi masalah yang banyak dihadapi para pengguna smartphone. Hal ini tentu sangat mengganggu. Bukan hanya membuat ponsel jadi lebih lemot, kehabisan ruang penyimpanan juga membuat kita tidak lagi bisa bebas menyimpan foto-foto. Terutama foto-foto selfie, hehehe.

Beberapa orang mungkin memilih untuk mengganti smarthpone mereka dengan gawai baru yang memiliki RAM maupun ruang penyimpanan lega. Tapi bagi yang kantongnya tipis, berikut ada beberapa trik sederhana yang bisa kalian coba.

1. Pindahkan foto dan video ke cloud

Salah satu jenis file yang sering kali membuat ruang penyimpanan penuh adalah foto dan video. Karena itu, memindahkan file-file ini ke cloud adalah pilihan yang sangat bijak. Kabar baiknya, ada banyak aplikasi yang siap melakukannya. Kabar buruknya, jika jumlahnya terlalu banyak, mungkin kalian harus rela mengeluarkan uang setiap bulan.

Salah satu opsi terbaik adalah Google Photos yang dapat digunakan menyimpan foto dan video dalam jumlah tak terbatas, dengan catatan ukuran foto akan diubah maksimal 16 MP dan film diperkecil menjadi 1080 full HD. Selain itu, aplikasi ini bisa berfungsi di Android, iOS, Windows, macOS, dan web.

Tetapi sayangnya, pengumuman baru Google menyebut jika pada 1 Juni 2021 mendatang jumlah foto dan video yang bisa disimpan secara gratis di platform dibatasi hanya 15 GB untuk setiap akun Google. Tetapi jika bersedia untuk membayar, kalian bisa memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan foto dan video.

Sementara untuk platform berbayar lain ada Apple iCloud yang bisa digunakan oleh para pemilik produk Apple, Microsoft OneDrive, Amazon Photos, dan Dropbox. Kalian bisa melihat ke situs masing-masing untuk melihat berapa harga yang harus dibayar untuk bisa mendapatkan ruang lebih banyak.

Terlepas dari platform mana yang digunakan, aplikasi akan secara otomatis mengunggah foto dan video. Kemudian kalian bisa menghapus salinan yang ada di ponsel, bahkan beberapa aplikasi seperti Google Photo dan iCloud, bisa melakukannya secara otomatis. Dengan begitu, akan lebih banyak tersisa ruang penyimpanan di ponsel.

 

2. Hapus aplikasi dan game yang tidak penting

Selain foto dan video, berbagai aplikasi dan game yang diinstal di ponsel juga memiliki peran besar dalam menghabiskan ruang penyimpanan.  Agar ponsel tidak kehabisan memori, hapuslah aplikasi yang tidak dipakai. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini bisa diinstal kembali secara gratis karena Apple dan Google sudah menyimpan apa yang telah dibayar.

Tetapi tentu tidak semua aplikasi menghabiskan banyak ruang. Untuk melihat mana yang paling menghabiskan ruang, para pengguna iOS bisa menuju ke pengaturan, kemudian Umum, dan masuk ke Penyimpanan. Sedangkan untuk Android, buka pengaturan, kemudian Penyimpanan, dan ketuk Kelola Penyimpanan.

Kalian tinggal pilih mana aplikasi yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan ponsel untuk kemudian dihapus. Pengguna iOS bisa menekan lama pada ikon aplikasi sampai muncul kotak dialog kemudian ketuk hapus aplikasi. Untuk pengguna Android, ketuk dan tahan ikon di laci aplikasi lalu seret ke bagian uninstal yang ada di sisi atas.

 

3. Tambah penyimpanan eksternal

Beberapa tips sebelumnya akan menghapus beberapa file di ponsel, tetapi jika ingin file tetap dengan ruang penyimpanan kosong yang lebih lega, menambahkan penyimpanan eksternal bisa sangat membantu para pengguna Android.

Banyak ponsel yang saat ini dipasarkan dilengkapi dengan slot untuk microSD, yang siap memberikan ruang penyimpanan tambahan untuk file dan aplikasi. Dengan memasang microSD, kalian bisa menambahkan sampai 256GB hanya dengan Rp 500 ribu saja. Tetapi sebelum membeli, pastikan dulu kartu yang bisa berfungsi di ponsel kalian ya.

Sementara untuk para pengguna iPhone memang tidak tersedia slot untuk penyimpanan tambahan seperti Android, tetapi bisa ditambahkan perangkat penyimpanan eksternal yang kompatibel dengan iPhone yang kalian gunakan.

 

4. Setel ulang ponsel secara berkala

Menyetel ulang ponsel secara berkala menjadi solusi yang paling manjur untuk mengatasi kehabisan ruang pada ponsel. Ketika dikembalikan pada pengaturan ulang pabrik, perangkat akan kembali pada kondisi semula seperti saat baru dibeli.

Tetapi yang harus diperhatikan, saat menyetel ulang ponsel ke mode pabrikan, foto, video, pesan, aplikasi dan segala sesuatu yang disimpan di penyimpanan internal akan terhapus. Jadi jangan lupa untuk mencadangkan semua file yang penting ya sebelum mulai proses ini.

Tetapi jika kalian sudah mengandalkan penyimpanan berbasis cloud, proses ini sebenarnya tidak lagi serumit dulu karena platform sudah mencadangkan apa yang ingin kalian simpan dari ponsel. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat akan menyetel ulang ponsel. 

Nah itu tadi beberapa trik sederhana yang bisa digunakan untuk membuat ruang penyimpanan lebih lega ya guys. Tetapi jika berbagai cara di atas sudah tidak bisa mengatasi masalah kehabisan ruang penyimpanan, mungkin memang sudah saatnya ponsel kalian diperbarui dengan gawai yang memiliki ruang penyimpanan lebih luas.(*)

Related Articles
Tech
Xiaomi Rilis Konsep Earbud Nirkabel yang Bisa "Dimasukkan" ke Ponsel

Tech
Apple Patenkan Solusi untuk Charger yang Gampang Terkelupas. Seperti Apa Sih?

Tech
Dulu Populer Banget, Sekarang OS BlackBerry Resmi Berhenti Beroperasi