Lifestyle

Penjualan Turun, adidas Siap Melepas Reebok

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 17th 2021

Perusahaan fashion sekaligus produsen apparel olahraga asal Jerman, adidas, dikabarkan akan menjual salah satu merek yang menjadi anak perusahaannya, yaitu Reebok. Hal tersebut mereka umumkan adidas pada Selasa (16/02) lalu. Kabar ini memang sudah tercium sebelumnya, karena Reebok mengalami kemunduran. Bukan hanya dari segi penjualan, namun dari sisi inovasi yang tak kunjung berkembang.

Reebok sebenarnya bukan merek asli yang dibangun oleh adidas. Karena mereka mengakuisisi Reebok pada tahun 2006, dengan harga USD3,8 miliar (sekitar Rp. 53,7 triliun). Tujuannya, agar adidas punya banyak pilihan produk untuk bersaing dengan Nike.

Sayangnya, dalam beberapa tahun belakangan, penjualan Reebok merosot. Selasa lalu, adidas mengatakan, mereka sedang memulai proses hukum pelepasan Reebok dan akan mulai berfokus pada core product mereka.

"Setelah pertimbangan yang berhati-hati, kami akhirnya memutuskan jika Reebok dan adidas akan dapat merealisasikan potensi pertumbuhan mereka masing-masing secara terpisah," ujar CEO adidas, Kasper Rorsted dalam sebuah pernyataan. "Kami akan bekerja dengan tekun dalam beberapa bulan ke depan demi memastikan keberhasilan merek Reebok dan tim di belakangnya."

adidas tidak menyebutkan alasan di balik keputusan tersebut secara spesifik. Mereka bahkan tidak menyebutkan dengan jelas apakah Reebok akan menjadi perusahaan sendiri, atau malah dijual ke pihak lain. adidas hanya menyebutkan bila mereka telah mengembangkan rencana strategi lima tahun ke depan demi menguatkan leading position adidas di pasar pakaian olahraga internasional.

Tahun 2017 lalu, Rorsted diketahui masih menahan keputusan untuk menjual Reebok. Reebok sendirit elah berusaha memposisikan mereknya sebagai merek ternama di antara para atlet terkenal.

Reebok memang mengalami pengurangan penjualan yang signifikan sejak dibeli pada tahun 2006. Pada tahun 2007, satu tahun setelah adidas mengakuisisi Reebok, adidas meraup total penjualan hingga USD2 miliar (sekitar Rp. 28 triliun), namun pada tahun 2020, hanya 6,7% dari total penjualan adidas yang berasal dari Reebok

Laporan dari Bloomberg mengungkapkan jika adidas sebenarnya ingin menjual Reebok pada Oktober lalu. Nilai jual merek Reebok saat ini diperkirakan berada di kisaran USD1,2 miliar (sekitar Rp.16,8 triliun). (*)

Related Articles
Lifestyle
Rayakan Ultah ke-25, Toy Story dan Adidas Collab Buat Sepatu Anak-anak

Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi

Interest
5 Sneakers ini Cocok Banget jadi Kado Valentine