Tech

Steer Bisa Jadi Solusi Krisis Listrik Akibat Terjadinya EV Boom

Jingga Irawan

Posted on February 17th 2021

Ketika dunia menghadapi ancaman dampak buruk dari EV Boom atau ledakan penggunaan kendaraan listrik, sebuah perusahaan ini diprediksi bisa menjadi solusinya. Perusahaan itu bernama Facedrive.

Facedrive disebut-sebut bisa memanfaatkan ledakan penggunaan EV dengan meraup keuntungan, tapi juga memberikan solusi terbaik. Perusahaan tersebut baru-baru ini mengakuisisi perusahaan penyedia "langganan" kendaraan EV bernama Steer.

Steer selama ini menyediakan langganan atau sewa mobil EV. Pola bisnis Steer ini diprediksi membawa perubahan besar pada bentuk kepemilikan mobil secara trasisional. So, siapa pun yang ingin menggunakan EV, namun keberatan dengan perawatan, harga yang mahal dan keterbatasan kegunaan, mereka tidak perlu membelinya. Cukup "meminjamnya" melalui Steer.

Pelanggan cukup membayar biaya bulanan seperti saat berlangganan Netflix, dan mereka bakal dengan mudah mendapatkan akses ke kendaraan EV yang mereka inginkan. Berkat metode ride sharing itulah, Facedrive akhirnya berhasil mengembangkan bisnisnya di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Saat melihat kekurangan energi listrik yang mungkin terjadi di masa yang akan datang, kemungkinan besar solusi kreatif ini menjadi kunci dalam konsumsi EV telah mendominasi mobil di seluruh dunia. Dan perusahaan inovatif seperti Facedrive terbukti turut mengambil peran untuk mencegah terjadinya kekurangan energi listrik.

Apalagi kehidupan berbasis "internet of things" yang terjadi saat ini menghadirkan konsep smart city dan smart house. Hal ini pasti  meningkatkan permintaan listrik yang signifikan. Coba hitung sendiri, berapa banyak peralatanmu yang membutuhkan listrik saat ini? Dari ponsel, tv, wifi, dan gadget-gadget lainnya. Tapi sisi baiknya, dengan adanya EV Boom minyak bumi bakal segera ditinggalkan. (*)

Baca juga:

Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik 

Related Articles
Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
Mazda Luncurkan 13 Model Mobil Listrik pada 2025

Tech
Jaguar Bakal Berubah Total Jadi Mobil Listrik pada 2025