Entertainment

Bong Joon-ho Kerjakan Dua Proyek Lanjutan dari ‘Parasite’, Bikin Penasaran Nih

Jingga Irawan

Posted on February 16th 2021

Sutradara sekaligus penulis naskah asal Korea Selatan, Bong Joon-ho, mengonfirmasi bahwa dirinya mengerjakan dua proyek lanjutan untuk Parasite, sepanjang tahun 2020. Meskipun ia belum menyebutkan tentang detail plot maupun judul, Bong Joon-ho memastikan satu skripnya telah selesai.

"Rasanya seperti saya membelah otak saya menjadi dua bagian kiri dan kanan saat menulis dua skrip ini, Tapi aku menyelesaikan satu minggu lalu,” kata Bong Joon-ho di podcast The Director's Cut dengan sutradara Rian Johnson.

Dia juga mengonfirmasi bahwa satu naskah ditulis dalam bahasa Korea sedangkan naskah lainnya ditulis dalam bahasa Inggris. Sutradara berusia 51 tahun itu tidak memastikan naskah mana yang sudah selesai. Dan saat membeberkan perihal proyek filmnya, ia mengaku kesulitan untuk menentukan genre film yang ia buat. Namun, Bong Joon-ho memberi sedikit bocoran soal alur cerita.

“Film Korea berlatar di Seoul, memiliki elemen horor dan aksi yang unik,” katanya. Sementara untuk Proyek berbahasa Inggrisnya merupakan sebuah film drama berdasarkan pada peristiwa nyata yang terjadi di tahun 2016. Menurut pengakuannya, proyek berbahasa Inggrisnya ini berlatar Amerika Serikat dan Inggris.

Pada Mei 2020, sebuah novel berjudul Parasite: A Graphic Novel in Storyboards dirilis di Amerika Serikat oleh Grand Central Publishing untuk merayakan ulang tahun pertama film tersebut sejak pemutaran perdana di Cannes Film Festival.

Parasite: A Graphic Novel in Storyboards menceritakan perjalanan sebenarnya Bong Joon-ho selama proses pembuatan film Parasite. Novel grafis ini juga berisi lebih banyak konsep karya seni yang mendalam, serta gambar produksi keseluruhan dari sebuah film yang meraih kesuksesan besar.

"Ilustrasi sutradara Bong berbagi kekuatan yang mencerahkan dari tulisan dan penyutradaraannya. Membuat novel grafis Parasite menjadi bacaan yang indah, memukau, dan gambaran sekilas di balik layar yang menarik tentang pembuatan salah satu film terbaik tahun ini,” ucap editor senior Wes Miller yang ikut terlibat dalam rilis buku itu.

Bong Joon-ho juga dikabarkan sedang mengembangkan serial Parasite di HBO bersama Adam McKay, sosok yang turut andil di balik The Big Short dan Vice, serta drama pemenang Golden Globe, Succession. Meskipun detail seri masih belum jelas, seri ini akan mengadopsi beberapa ide yang sempat dibuang dari naskah asli film tersebut.

Parasite sendiri telah memenangkan beberapa penghargaan, di antaranya Academy Awards 2019 untuk kategori Terbaik dan Skenario Terbaik. Naskahnya ditulis oleh Bong Joon-ho bersama Han Jin-won. Film ini dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik dan Park So-dam.(*)

Related Articles
Entertainment
'Parasite' jadi Film Asing Pertama yang Berhasil Memenangkan SAG Awards

Entertainment
Selamat! Parasite Puncaki Box Office Inggris

Entertainment
Dituduh Plagiat, 'Parasite' Digugat Produser Film India