Entertainment

'Love Story' Taylor Swift Versi Rekaman Ulang Kalahkan Penjualan Lagu Aslinya

Kekuatan Swifties memang keren.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 16th 2021


Taylor Swift (Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images)

Romeo take me somewhere we could be alone~ Duh, lagu satu ini memang catchy dan nggak lekang sama waktu. Setelah pertama kali dirilis pada 2008, Jumat (12/2) lalu Taylor Swift memutuskan untuk merilis versi rekaman ulang lagu Love Story. Langkah ini diambil karena penyanyi ini ingin memilik hak penuh pada karyanya sendiri, karena master album pertama hingga keenam miliknya punya sejarah yang runyam.

Dengan merilis versi rekaman ulang dari karya musiknya, Taylor akan menurunkan nilai dari master keenam album terdahulunya. Swiftie pasti akan mendengar versi rekaman ulang, bukan versi yang lama, sehingga keuntungan dari stream pastinya menurun untuk yang versi terdahulu. Sepertinya langkah ini berhasil, dibuktikan dengan meledaknya Love Story (Taylor’s Version) sejak hari pertama dirilis.

Love Story versi baru itu berhasil menarik 5,8 juta on-demand streams (audio sekaligus video) hanya untuk di Amerika Serikat. Untuk jumlah stream di Spotify, lagu ini mencapai 2,983,511 streams dari Amerika Serikat. FYI, di Spotify nggak ada satu lagu pun yang berhasil didengar sebanyak dua juta kali di hari rilisnya. Otomatis lagu ini bertengger di posisi teratas tangga lagu Spotify AS.

Sebanyak 6,317,462 streams global berhasil direbut lagu ini di hari pertama peluncuran. Berkat jumlah streams yang gak main-main itu, Love Story (Taylor’s Version) menempati posisi kedua tangga lagu global platform tersebut. Lah kok kedua? Posisi pertama dipegang sama lagu dari fan berat Taylor, Drivers License karya Olivia Rodrigo.

Kalau kita bandingkan sama Love Story versi 2008, jumlah unduhan digital lagu ini juga berbeda banget. Kalau versi 2008 berhasil mendapat 97.000 unduhan setelah 15 hari dirilis (rata-rata per hari diunduh 6.400 kali), versi rekaman ulang ini merebut 10.000 hanya dalam 24 jam. Hanya segelintir lagu yang bisa menyaingi jumlah unduhan ini: Fake Woke dari Tom MacDonald’s (13.000 unduhan), Dynamite dari BTS (13.000 unduhan), dan Drivers License dari Olivia Rodrigo (13.000 unduhan).

Taylor Swift merilis Love Story (Taylor’s Version) sebagai pembuka dari album Fearless (Taylor’s Version). Album versi rekaman ulang ini akan berisi 26 lagu, termasuk enam yang belum pernah dirilis sebelumnya. Siap-siap deh, album ini bakal dirilis dalam tahun ini kok! Bisa pre-order juga.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Taylor Swift Rilis Album 'Fearless' Versi Baru, Ini Arti Cover Albumnya

Entertainment
Rekam Ulang Album Lama, Taylor Swift Buktikan Cerdas Secara Emosional

Entertainment
Taylor Swift Akan Rilis ‘You All Over Me (From The Vault)’ buat Album ‘Fearless’