Tech

Jaguar Bakal Berubah Total Jadi Mobil Listrik pada 2025

Mainmain.id

Posted on February 16th 2021


Jaguar I-Pace SUV (The Verge)

Teknologi mobil listrik memang sudah tak bisa dielakkan lagi. Produsen mobil dunia pun seperti terlibat dalam perlombaan lari cepat untuk mengeluarkan varian kendaraan listriknya. Hal ini pula yang dilakukan produsen mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR).

Perusahaan itu memastikan pada 2025 nanti Jaguar bakal menjadi all-electric. Sementara itu, merek Land Rover akan merilis kendaraan listrik pertamanya pada 2024. Menurut laporan Bloomberg, setidaknya JLR akan mengeluarkan enam kendaraan listrik dalam kurun lima tahun.

Transisi JLR dari kendaraan berbahan bakar minyak ke electric vehicle akan didanai lewat investasi tahunan sebesar 2,5 miliar poundsterling. Setara 3,5 miliar dolar AS. Investasi sebesar itu untuk menyiapkan perangkat elektrifikasi dan teknologi terkait.

Rencana JLR itu memang terlihat ambisius. Meskipun selama ini JLR termasuk lamban dalam merangkul elektrifikasi. Satu-satunya mobil listrik yang diluncurkan JLR adalah Jaguar I-Pace SUV. Itu produksi Jaguar I-Pace SUV ditangani oleh kontraktor, bukan diproduksi sendiri oleh JLR.

Rencana JLR hanya menjual kendaraan listrik juga terkait dengan kebijakan di Inggris. Perusahaan itu harus membayar denda 35 juta poundsterling karena target emisi yang terlewat tahun lalu.

JLR sendiri menurut beberapa orang masih diuntungkan dengan brand mereka sebagai mobil premium. Hal ini memungkinkan mereka mengeluarkan produk berharga tinggi untuk menutupi biaya baterai modern. JLR juga berencana berbagi lebih banyak teknologi dengan perusahaan induk, Tata Motors untuk mengurangi biaya pengembangan kendaraan listrik.

Jika semua berjalan sesuai rencana, JLR mengharapkan semua Jaguar dan 60 persen Land Rover yang dijual menjadi kendaraan tanpa emisi pada 2030. Saat itu merupakan tahun di mana pasar dalam negeri Inggris akan melarang penjualan kendaraan bermesin pembakaran internal.

JLR berharap dapat mencapai emisi karbon nol bersih pada 2039. Larangan kendaraan bermesin pembakaran internal telah diumumkan dengan berbagai target di seluruh dunia. Norwegia sendiri paling terdepan mencanangkan hal itu. Norwegia menargetkan pada 2025 sudah bisa menerapkan larangan kendaraan berbahan bakar mesin. Setelah Norwegia, Prancis menyusul pada 2040. Lalu diikuti negara bagian California pada 2035.(*)

Related Articles
Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Perusahaan BBM Jepang Idemitsu Ikutan Terjun Produksi Mobil Listrik